10 Fakta Tentang Bob Marley

Bagi para pecinta reggae,nama Marley pasti sudah tak asing lagi ditelinga. Dia adalah ikon musik asal Jamaica itu. Sosoknya yang unik dan kisah hidupnya yang miris, semakin membuat dia populer dikalangan musisi. Berangkat dari kaum miskin yang tak mampu sekedar beli gitar apalagi drum. Marley berkembang menjadi musisi kawakan yang mampu membeli drum dan gitar semahal apapun.Marley adalah salah satu musisi yang cukup terbuka. Meski begitu ada saja hal-hal dari dirinya yang banyak orang belum tahu. Berikut fakta-fakta menarik tentang Bon Marley:

a.Nama asli Bob Marley adalah Nesta Robert Karena Nesta dipandang sebagai nama perempuan. Maka pada tanggal 6 Februari 1945, ibunya mengganti nama Nesta menjadi Bob Marley dan mengganti tanggal akte kelahiran yang menyatakan Marley pada tanggal 6 April.

b.Sejak usia empat Bob Marley bisa membaca telapak tangan. Ketika Cedella (ibu Bob) pertama kali mendengar tentang ini dari kerabat dan tetangga dia menganggapnya sebagai lelucon. Namun ketika kata-kata Marley menjadi kenyataan, ibunyapun terguncang dan akhirnya percaya pada kemampuan anaknya.

c.Di kampung halamnnya Kingston, Bob Marley dikenal oleh penduduk asli sebagai “anak laki-laki kulit putih”. Hal ini disebabkan karena Bob Marley memang anak campuran.Hal ini membuat Bob merasa sangat terasing.

d. Matematika adalah pelajaran yang paling disukai Bob. Ketika Bob berada di sekolah subjek terbaik adalah matematika. Sayang dia tidak melanjutkan sekolahnya, karena memutuskan bekerja sebagai tukang las.

e. Setelah ditangkap karena memiliki ganja, Bob menghabiskan satu bulan di penjara, selama waktu itu dia bertemu dengan banyak tahanan yang dan membentuk hubungan yang kuat dengan mereka. Tahanan ini memotivasi dia untuk menulis lagu dengan pesan yang lebih politis.
ee.Bob adalah seorang playboy. Sepanjang hidupnya ia memiliki keterlibatan dalam kehidupan banyak wanita yang berbeda. Beberapa dari perempuan ini melahirkan anaknya.

f. Begitu menemukan kesuksesan Marley menjadi sangat murah hati dengan uang .Dibesarkan di sebuah keluarga miskin di Jamaika ia tahu betapa sulitnya hidup. Dia memutuskan membeli rumah untuk teman-teman yang sebagian besar adalah orang miskin di Jamaika.

g. Pada 1977 Marley mengalami cedera ketika sedang bermain bola. Tim dokter menemukan adanya melanoma ganas di kaki Marley. cedera yang berbuah tumor ini kemudian menyebar, yang akhirnya menyebabkan Bob meninggal.

h. Ketika Bob sakit parah ia ingin mengakhiri hari-harinya di Jamaika, tapi sayangnya dalam perjalanan dari Jerman ke Jamaika, perjalanannya tidak berhasil melewati Miami. Marley dimakamkan dirumahnya sendiri bersama dengan bola sepak, gitarnya Gibson Les Paul, dan tunas ganja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s