Waktu yang Tepat Mengikuti Kursus Musik

belajar-musikUntuk belajar musik, tidak ada batasan umur minimal yang diwajibkan. Setiap individu mempunyai bakat yang berbeda-beda dalam hal musik, sehingga tidak mudah memang untuk mengemukakan kapan waktu yang tepat untuk mengikuti kursus musik.
Di beberapa tempat kursus musik bahkan sudah ada yang menawarkan program kursus ataupun sekolah musik mulai dari umur balita sekalipun. Seperti kursus musik Yamaha misalnya, telah mempunyai program kelas Music Fantasy yang dimulai dari sejak anak berumur 2 tahun. Kursus musik untuk balita ini sebenarnya adalah baru berbentuk pengenalan terhadap musik. Di dalamnya, kegiatan sebenarnya adalah baru sebatas bernyanyi, menari, mengenal alat musik, mengenal ritme, yang sebenarnya hal tersebut bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Usia yang cukup tepat untuk memulai belajar musik sebenarnya adalah saat anak memasuki usia SD. Pada saat itu, anak sudah lebih matang pemikirannya, mampu diajak berkonsentrasi dan duduk dengan tenang. Indikator yang cukup mudah bagi anak adalah saat mereka mulai tertarik untuk membaca. Dan bila anak sudah mulai lancar dalam membaca, maka mereka bisa untuk mulai diikutkan kursus musik.

Selain faktor umur, dibutuhkan ketekunan dalam berlatih serta ketelatenan. Untuk itu dibutuhkan dukungan yang cukup dari para orang tua agar tumbuh rasa senang dan motivasi belajar yang kuat. Disamping itu, belajar musik di tempat kursus, mempunyai waktu yang sangat terbatas. Sehingga, latihan di rumah menjadi perlu untuk melatih dan membiasakan anak untuk makin mengenal musik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s