Teknik Senam Jari

Teknik senam jari pada piano atau keyboard sangatlah penting. Senam jari atau fingering bertujuan agar posisi tangan dan jari saat bermain piano atau keyboard berada dalam posisi sempurna. Namun sayangnya tidak banyak orang bisa melakukannya dengan baik. Lantaran salah dalam menempatnya jarinya diatas tuts piano atau keyboard. Bagaimana melakukan senam jari dengan benar?

senam jari

Pertama-tama kita harus mengenal dulu tuts piano, yang terdiri dari tuts harmonis, tuts kromatis dan interval. Setelah mengetahui tuts dan interval barulah anda beranjak ke penggunaan jari pada saat memainkan tuts piano. Untuk penjarian tangan kanan, Tuts C menggunakan ibu jari, Tuts D menggunakan jari jari telunjuk,Tuts E menggunakan jari tengah, Tuts F menggunakan ibu jari, Tuts G jari telunjuk, Tuts A jari tengah,Tuts B jari manis, dan Tuts C menggunakan jari kelingking.

Sementara untuk jari kiri anda bisa melatihnya dengan Tuts C menggunakan jari kelingking,Tuts D jari manis, Tuts E menggunakan jari tengah, Tuts F menggunakan jari telunjuk,Tuts G menggunakan ibu jari,Tuts A menggunakan jari tengah, Tuts B menggunakan jari tengah dan Tuts C dengan ibu jari. Latihlah tangan kanan anda terlebih dulu sampai lancar.

Setelah anda merasa nyaman dengan jari anda diatas tuts, barulah anda latih kemampuan jari kiri anda. Setelah jari kiri juga terasa sempurna. Coba mainkan jari kanan dan kiri anda secara bersamaan. Lambat-lambat saja untuk awal. Lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan bermain anda. Ingat sebelum mempelajari teknik ini beli keyboard atau piano terlebih dulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s