Fakta-fakta Buruk Dunia Musik

Dunia musik yang kita lihat sangat bagus ternyata menyimpan sejumlah fakta buruk, yang membuat industri musik memiliki image negatif. Fakta buruk tersebut dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam industri musik. Baik oleh musisinya, penggemar bahkan pihak lain yang mencari keuntungan finansial. Di Indonesia fakta-fakta buruk dalam industri musik membuat perkembangan musik Indonesia terhambat.

plagiarisme

Plagiarisme menjadi fakta terburuk dalam dunia musik Indonesia. Begitu banyak band Indonesia meniru atau menjiplak karya-karya musisi asing. Anehnya mereka seolah biasa-biasa saja membawakan lagu saduran. Plagiator yang sudah sering melakukan plagiat bahkan berani menyangkal berbagai tuduhan yang mendera mereka. Karena plagiat sudah menjadi rutinitas yang sulit untuk ditinggalkan. Kurangnya kekuatan hukum di Indonesia mengenai plagiarisme juga membuat kegiatan meniru karya orang menjamur diberbagai kota.

Lip-sync menjadi fakta buruk lainnya, teknik mencocokkan gerakan bibir dengan suara dalam sebuah konser ini, cukup kontroversial. Karena sang musisi dianggap tidak menghargai penontonnya. Karena tidak mengeluarkan usaha sangat keras untuk menampilkan yang terbaik. Indonesia mungkin harus belajar dari negara China, yang berani mengeluarkan kebijakan tentang lip-sync. Kementrian kebudayaan China mengeluarkan kebijakan lip-synk karena menilai teknik tersebut termasuk dalam kebohongan publik.Pelaku lip-synk di China akan dikenai denda besar.

Selain lip-sync dan plagiarisme, tema album juga menjadi salah satu yang harus disorot. Pasalnya banyak band di Indonesia mengusung tema sama dalam satu waktu. Hal ini membuat dunia musik Indonesia tidak kreatif dan terkesan mandeg. Nah bagi anda yang baru berniat terjun kedunia musik. Belajarlah untuk menghindari tiga hal diatas. Daripada melakukan plagiat lebih baik anda asah lagi kemampuan anda. Beli gitar dan masuk sekolah musik, menjadi alternatif terbaik dibanding anda belajar otodidak namun menjiplak atau meniru karya orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s