Musisi Yang Mengalami Gangguan Kejiwaan

Kepopuleran tidak selamanya membawa kenikmatan, karena seiring dengan datangnya kekuatan besar datang pula tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab untuk membuat karya semakin baik, maupun tanggung jawab untuk mempertahankan konsistensi permainannya. Segala cara dilakukan, dari mulai beli drum elektrik untuk berlatih dirumah, hingga mengikuti berbagai seminar untuk menambah kualitas pribadi. Namun sebagian lagi ada yang memilih untuk menyewa jasa psikolog, yang dapat membuat mereka lebih tenang dan bisa berpikir jernih.

gila

Tapi ada juga musisi yang malu untuk menyewa jasa psikolog dan akhirnya benar-benar mengalami kebuntuan, akibat tekanan yang dia rasakan sebagai seorang musisi terkenal. Akibatnya lama-lama tekanan yang menumpuk itupun menyebabkan gangguan jiwa. Siapa saja musisi yang pernah mengalami hal ini? Yang pertama adalah Rian Wilson salah satu pentolan The Beach Boy. Wilson menderita Schizoaffective Disorder, Bipolar Type.

Gangguan ini menyebabkan Wilson sering mendengar suara-suara aneh dan membuat karyanya terhenti beberapa saat. Musisi kedua yang juga mengalami gangguan kejiwaan adalah Daniel Johnston. Anggota grup band The Devil and Daniel Johnston ini mengalami depresi berat yang memaksanya keluar masuk rumah sakit jiwa. Meski begitu Johnston tetap mampu menghasilkan karya yang mengagumkan. Dia berkarya dalam kondisi gila. Musisi terakhir yang menderita gangguan jiwa adalah Syd Barrett pentolan grup Pink Floyd yang menderita Speculated Schizophrenia or Bipolar Disorder.

Tidak ada penyataan resmi yang mengatakan Barret mengalami sakit jiwa. Namun kawan-kawan satu bandnnya yakin Bareet kerap depresi. Sama seperti yang lainnya, meski dilanda depresi berat, Barret tetp berhasil menciptakan banyak karya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s