Musik Klasik Bagus Untuk Perkembangan Bayi Dalam Kandungan

Menurut banyak research yang sudah dilakukan oleh peneliti-peneliti dunia, mendengar musik klasik bagus untuk bayi yang ada dalam kandungan. Musik klasik akan berpengaruh terhadap perkembangan IQ dan EQ sang bayi. Alunan-alunan alat musik piano dan kolaborasi dengan alat musik lainnya dalam musik klasik dapat memacu berkembangnya sistem motori. sang bayi. Sehingga ketika nanti dilahirkan dan beranjak dewasa , si anak akan memiliki kecerdasan emosi dan intelegensi yang lebih dibanding anak-anak lain.

Sleeping man with headphone and laptop

Bayi dalam kandungan dapat mendengar ketika berusia 26 minggu. Itu terjadi karena pada usia tersebut sudah ada cairan amnion, yaitu cairan yang menjadi media gelombang suara untuk Bayi. Sehingga bayi dapat mendengar suara disekeliling  dari luar maupun dalam Rahim. Menurut riset yang dilakukan DR.Champman ini, Dia menyarankan untuk mendengarkan suara-suaran yang menenangkan terutama adalam musik. Musik yang paling tepat untuk didengar sang bayi adalah musik klasik dimana memiliki musik yang lembut dan bernada teratur sehingga membuat sang bayi lebih tenang dan nyaman. Sebaliknya, jika musik-musik bernada cepat seperti rock, disko, dan rap, itu akan membuat suasan bayi tidak nyaman, tegang, dan gelisah.

Diantara banyak musik-musik klasik, musik klasik ciptaan Mozart sangat dianjurkan untuk didengarkan oleh bayi dalam kandungan karena memiliki komposisi musik yang pas berirama lembut dan teratur. Penilitian ini dilakukan oleh Dr. Alfred Tomatis dan Don Campbell dan mengistilahkan ini dengan nama Efek Mozart.  Menurutnya, musik dari Mozart dapat merangsang sisi kreatif otak sang bayi.  Medengarkan musik Mozart dapat menenangkan suasana sang bayi sehingga dia merasa nyaman dalam kandungan. Selain itu dengan mendengarkan music klasik, perkembangan motorik seperti kemampuan merangkak, berjalan, melompat, dan berlari serta kemampuan dia dalam berbicara, menulis, berhitung, menghapal, membaca dapat meningkat.

Ada banyak manfaat lainnya dari musik klasik bagi sang bayi dalam kandungan. Infonya bisa dicari di internet ataupun buku-buku mengenai ibu hamil. Bagi sang Ibu, boleh dicoba dipraktikan dari sekarang untuk rajin mendengarkan musik klasik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s