Adu gengsi Video K-Pop

Ketatnya persaingan musk K-Pop membuat para label harus memutar otak untuk melakukan promosi efektif. Tak cukup hanya dengan beli gitar dan memberikannya gratis kepada pembeli. Strategi gila-gilaan mutlak diperlukan, untuk menyaingi strategi lawan yang juga mulai gila. Dan kebanyakan menajemen memilih promosi videosebagai senjata utama.

k-pop

Starship Entertainment misalnya, menarik saldo sebesar US $172.000 (Rp 1,6 miliar) untuk membiayai video musik terbaru Sistar, “Loving You”. Itu termasuk biaya produksi yang dilakukan di Hawaii serta membayar model internasional dan pesawat yang digunakan dalam video. Sebelumnya, boyband veteran Shinhwa menghabiskan US $200.000 (Rp 1,8 miliar) untuk video musik “Venus”.

Sedangkan boyband baru DSP Media, A-Jax mengeluarkan US $50.000 (Rp 470 juta) hanya untuk efek komputer grafis di video “One 4 U”. Dan baru-baru ini, Cube Entertainment memboyong B2ST untuk syuting video musik di New York yang dipastikan menghabiskan biaya besar. Core Content Media lebih dasyat lagi. Mereka disinyalirr membuat video musik dengan biaya produksi mencapai US $ 1 juta (Rp 9,4 miliar).

Pengeluaran besar ini faktanya hanya dilakukan oleh manajemen biasa-biasa saja. Sedangkan manajemen terkenal seperti SM Entertainment justru selalu membuat video berbiaya rendah, mereka bahkan kerap memasukkan iklan kedalamnya. Namun karena memiliki katris yang lebih populer, tidak ada yang protes dengan video mereka yang terkesan biasa-biasa saja.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s