Jenis Jenis Piano Yamaha

Yamaha merupakan sebuah produsen alat musik yang sudah sangat terkenal dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain sebagai produsen alat musik, Yamaha juga mendirikan sekolah musik. Di sekolah musik ini semua alat musik yang digunakan merupakan hasil produksi Yamaha. Salah satu alam musik yang diproduksi oleh Yamaha adalah piano, berikut ini adalah beberapa jenis piano yang diproduksi oleh Yamaha.
sekolah musik piano yamaha
Yamaha Grand Piano dan Upright Piano
Yamaha Grand Piano adalah piano termahal yang diproduksi oleh Yamaha, harganya setara dengan harga mobil mewah yaitu sekitar 400 jutaan. Piano ini dibuat dari kayu yang mengkilap dan terdiri dari 88 tuts. Piano ini juga memiliki kotak akustik dan senar-senar yang diketuk hammer dalam posisi tidur. Piano ini tergolong barang mewah dan jarang dimiliki. Sedangkan piano Upright adalah sejenis piano akustik. Hampir sama dengan Grand Piano, Upright Piano juga terbuat dari kayu yang memiliki 88 tuts. Piano ini juga memiliki kotak akustik dan senar-senarnya. Upright Piano sangat mudah dipindahkan dan anda tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakannya, sehingga sangat cocok bagi anda yang hanya memiliki ruang sempit di rumah. Kedua piano ini jarang ditemukan pada sekolah musik karena secara fungsi tidak cocok digunakan untuk belajar bermain piano. Kedua piano ini cocok digunakan bagi mereka yang telah mahir memainkan piano.

Digital Piano dan Keyboard
Digital piano merupakan piano yang memiliki rentang nada yang sama dengan piano akustik biasa namun ketika anda menekan tutsnya terasa berat dan kuat seperti mengetuk palu pada senar nada. Selain itu tutsnya masih menggunakan tipe gradded-hammer. Berbeda dengan Digital Piano, Keyboard tidak menggunakan gradded hammer namun hanya menggunakan model tauch response. Model ini memberikan kesan dan rasa yang ringan saat menekan tuts. Selain itu, Keyboard juga hanya memiliki rentang nada sebanyak 61 saja. Kedua alat musik ini sering dijumpai pada sekolah musik. Keyboard merupakan jenis piano yang sering dijumpai pada sekolah musik, karena mampu menghasilkan suara yang lebih banyak dan bervariasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s