Menelaah Pentingnya Guru Pada Sekolah Musik

Guru merupakan satu yang tak bisa lepas dari sekolah musik. Faktor ini kadang sangat penting bagi anak dalam belajar musik. Tak sedikit banyak anak memutuskan untuk bergonta-ganti tempat les musik hanya karena alasan sang guru. Orang tua berniat memasukan anaknya ke suatu lembaga musik karena ingin mengeruk manfaat musik itu sendiri, orang tua tidak hanya ingin anaknya mumpuni dalam bermusik saja atau menguasai hard skill, namun orang tua juga berharap anaknya akan belajar mengembangkan diri mereka melalui musik (soft skill). Namun keberadaan guru musik tidak semua bisa mencover apa yang orang tua inginkan karena terkadang mereka yang mengaku guru di les musik belum tentu mereka adalah guru musik dalam arti yang sesungguhnya karena bisa jadi mereka hanya instruktur musik. Lalu apa yang membuat kedua hal itu berbeda? http://id.yamaha.com/id/music_education/
news
Sekilas Megenai  Guru Atau  Instruktur Musik
Faktor pengajar memang tak bisa terabaikan di sekolah musik karena merekalah yang bertanggung jawab terhadap perkembangan musik anak. Karena itu mengetahui karakteristik pengajar di les musik adalah hal yang mutlak guna memperoleh yang terbaik bagi anak. Perlu diketahui kebanyakan di tempat les musik , staf pengajar mereka adalah instruktur dimana hal ini tidak sama dengan guru karena instruktur sangat berfokus pada kemajuaan anak dalam menguasai alat musik, instruktur biasanya menerapkan prinsip ketat dalam latihan karena tujuannya ingin menghasilkan anak berkualitas professional dalam musik. Sedangkan guru musik, bekerja tidak hanya terpusat pada kemampuan bermusik anak, namun ia memperhatikan pula kemajuan pribadi anak. Jika instruktur hanya bertindak sebagai orang yang berkewajiban memberi materi, tidak halnya dengan guru, guru memiliki tugas lebih selain memaparkan materi namun ia haruslah menginspirasi anak didik mereka. Guru musik lebih mengutamakan proses dan  pembelajaran ketimbangan kemampuan musik yang mencolok.

Menentukan Pilihan Guru / Instruktur
Setiap keputusan ada ditangan anda baik itu lebih memilih guru / instruktur musik di sekolah musik. Tapi jika memang jika anda sudah melihat ada bakat yang luar biasa pada anak anda, instruktur lebih cocok untuk anak anda, karena ia bakal meninggikan keahlian bermusik anak anda secara professional dan bukan main. Namun, jika tujuan anda tidak demikian menitik beratkan pada kemampuan hard skill anak, memilih guru musik adalah hal yang bijaksana karena pembelajaran musik dengan jalan yang terlalu serius berfokus pada keahlian cenderung membebani sang anak yang mungkin bisa berujung rasa benci terhadap musik bagi anak. Jadi selalu pilihkanlah yang terbaik untuk anak anda, apapun itu anda yang lebih tahu untuk kemaslahatan anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s