Cara Merawat Senar Elektrik dan Papan Frett

Senar elektrik merupakan salah satu komponen alat musik bass. Seperti pada gitar, senar elektrik juga memerlukan perawatan agar tidak cepat berkarat, rusak, dan tidak merubah bunyi yang dihasilkan. Selain itu papan fret merupakan salah satu bagian bass yang harus dirawat agar bass tetap terlihat kinclong seperti baru.
freet gitar
Cara Merawat Senar Elekterik
Jika senar 4,5,dan 6 suaranya muali berubah tidak nyaring seperti saat masih baru, mungkin anda harus melakukan suatu hal agar senar elektrik tersebut dapat mengeluarkan bunyi yang nyaring kembali. Anda dapat merebusnya di dalam air mendidih selama 10 menit. Setelah direbus, senar dilap dengan kain yang kering hingga bersih. Cara ini sangat direkomendasikan untuk merawat senar alat musik bass.

Bersihkan senar elektrik dengan thinner, minyak untuk mesin jahit, atau minyak khusus untuk membersihkan senar. Jika anda selesai memakainya, bersihkan atau lap senar elektrik menggunakan kain lap yang bersih dan kering yang telah dibasahi dengan thinner atau minyak pembersih senar. Dan apabila anda mau menyimpan bass dalam waktu yang agak lama, sebaiknya senar elektrik diolesi dengan minyak untuk mesin jahit.

Agar senar elektrik awet dan tidak mudah berkarat, simpanlah bass anda di dalam hardcase untuk menghindari udara yang dingin. Jangan menyimpanya dengan posisi langsung bersinggungan dengan lantai dan dinding untuk menghindari suasana yang dingin dan lembab.

Cara Merawat Papan Frett
Papan Frett merupakan salah satu bagian dari alat musik bass yang mudah bermasalah. Masalah yang terjadi biasanya aus dan frett lepas. Untuk menghindari masalah itu, sebaiknya ada perawatan khusus untuk papan frett ini.

Untuk membersihkan papan frett yang anda lakukan adalah melepaskan senar terlebih dahulu. Gosok papan ini menggunakan kain lap yang lembut. Bersihkan hingga semua kotoran atau daki yang menempel pada papan frett ini hilang dan mengkilap. Agar papan ini tidak mudah aus, sebaiknya anda mengelap menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan minyak goreng baru. Jika bass anda terbuat dari kayu Ebony maka membersihkan dengan minyak adalah cara yang paling tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s