Cara Merawat Crash Cymbal

Sama seperti bagian drum lainnya, crash cymbal juga memerlukan perawatan seksama agar lebih awet. Mungkin bagi anda yang memiliki budget lebih membeli drum atau crash cymbal tidak begitu memberatkan. Namun bagian sebagian drummer yang memiliki dana terbatas, menjaga dan merawat adalah pilihan satu-satunya.
cymbal drum
Sayangnya, tidak semua drummer mengerti bagaimana cara menjaga barangnya. Akibatnya, banyak drummer lebih memilih menabung atau menggadaikan barang berharganya demi melengkapi set drummnya. Padahal jika mau repot sedikit saja, mungkin drum yang mereka miliki dapat bertahan lebih lama bahkan hingga puluhan tahu.

Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat crash cymbal yang baik? Pertama yang harus anda ingat adalah simpan cymbal anda ditempat aman jika tak lagi dipakai, misalnya simpan ditas atau dalam lemari. Cymbal akan mudah rusak jika anda menempatkannya ditempat salah yang memberi resiko lecet atau penyol.

Kedua, semakin banyak cymbal yang anda mi;iki semakin banyak yang harus anda bersihkan. Cymbal tidak tahan lama seperti berlian jadi jika tidak akan dimainkan sebaiknya jangan dikeluarkan dari dalam tas atau lemari. Ketiga perhatikan cara memukul dan menempatkan cymbal. Jangan memukul cymbal secara direct hit tetapi dipoles.

Tempatkan cymbal mengarah kepada pemain. Selain itu perhatikan juga stik anda karena stik sangat berpengaruh pada daya tahan cymbal. Stik besar lebih cepat menghancurkan cumbal. Jadi jika anda terbiasa bermain dengan stik 5A sebaiknya beralihlah ke stik 7A. Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga crash cymbal anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s