Anda Harus Memperhatikan Hal Ini Jika Hendak Memanggil Guru Musik Privat!

Mungkin beberapa orang tua berfikir lebih baik memanggil guru les privat datang ke rumah untuk mengajari anak bermain alat musik daripada memasukan anaknya ke sekolah musik. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan ini. Ada beberapa pertimbangkan yang harus dipikirkan berkali-kali sebelum mengambil keputusan. Hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut:

Asal dan Latar Belakang Guru Musik Privat
Asal dan latar belakang guru musik privat harus Anda jadikan pertimbangan. Jangan hanya memilih guru yang pandai dalam memainkan berbagai alat musik, namun pilihlah guru yang juga mampu menyampaikan materi dengan baik agar semua materi dapat diterima oleh anak Anda. Meskipun guru tersebut sangat pandai dan banyak pengalaman maupu penghargaan, jika tidak dapat menyampaikan materi dengan baik maka anak Anda tidak akan menyerap semua materi dengan baik. Tentunya hal ini menjadi sebuah renungan dan bahan pertimbangan tersendiri untuk Anda jika hendak memanggil dan memilih guru musik privat.

Berbeda dengan guru musik di sekolah musik, dimana untuk menjadi guru musik harus melalui berbagai seleksi dan pembinaan, tentunya akan lebih handal dan berpengalaman dalam mengajari anak bermain alat musik. Disamping itu, guru juga akan dipantau oleh atasan dan akan menadapat teguran atau peringatan jika melakukan suatu kekurangan. Dengan demikian Anda bisa menjadikan guru yang mengajar di sekolah musik untuk dijadikan guru privat apabila memungkinkan.

Kontrak Mengajar atau Rencana Pengajaran
Yang dimaksud dengan kontrak mengajar atau rencana pengajaran adalah sebuah target atau rancangan materi yang akan disampaikan selama mengajar musik privat. Kelihatanya memang terlalu rumit dan formal, namun sebenarnya hal ini penting untuk dilakukan. Dengan adanya kontrak mengajar, Anda akan mengetahui pokok-pokok materi dan juga sekaligu dapat Anda jadikan tolak ukur kemampuan anak selama menjalani belajar alat musik dengan cara privat. Sama halnya dengan sekolah musik, guru musik privat harus memiliki target tersendiri dalam mengajar meskipun bersifat tidak formal demi kesuksesan mengajar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s