Angklung: Menilik Alat Musik Tradisional yang Mendunia

Angklung: Menilik Alat Musik Tradisional yang Mendunia
Alat musik tradisional awalnya dipandang sebelah mata ketika disandingkan dengan berbagai alat musik modern. Agaknya hal tersebut tidak akan terjadi saat ini. Tren penyuka alat musik tradisional semakin terlihat meningkat. Tidak hanya karena kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap budaya dalam negeri, tapi juga memang karena alat musik tradisional semakin membuktikan eksistensinya di dunia. Salah satu alat musik yang kini tengah menjadi fenomena yang mendunia adalah angklung yang berasal dari Jawa Barat. Tak dinyana, banyak pula sekolah musik yang kemudian memasukkan angklung sebagai salah satu alat musik yang patut diajarkan.

Tentang Angklung
Angklung  merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara digoyang. Suara angklung dihasilkan dari benturan antar bambu, yang kemudian menghasilkan berbagai nada yang diinginkan sesuai dengan jenis angklung dan tempo permainan angklung. Angklung familiar di masyarakat sunda, terutama karena angklung sarat dengan histori perkembangan masyarakat sunda. Angklung bukan hanya sekadar alat musik, namun juga mempunyai nilai histori dan tradisi yang melekat dalam tataran masyarakat sunda. Dewasa ini, sekolah musik juga berkembang mempunyai spesialisasi khusus mengajarkan alat musik tradisional termasuk angklung. Angklung semakin dikenal banyak orang dengan berbagai faktor pendukungnya.

Makin Mendunia
Dengan sejarah angklung yang panjang, bukan hal mudah agar angklung tembus eksistensinya di manca negara. Hal itu terjadi karena alat musik tradisional tidak memiliki patokan yang seragam dengan alat musik yang lainnya. Daeng Soetigna-lah yang kemudian disebut-sebut sebagai bapak angklung. Berkat beliau, alat musik angklung yang tadinya sebagai alat musik tradisional yang hanya memiliki beberapa tangga nada yang dibunyikan secara monoton, dibuat sedemikian rupa menjadi set angklung dengan nada-nada diatonis-kromatis sehingga mampu memainkan musik barat. Itu artinya, kini angklung dapat dimainkan secara harmonis menggunakan alat musik modern lainnya. Banyak kolaborasi alat musik modern dengan angklung yang justru kemudian menghasilkan nada-nada yang modern serta etnis. Dengan begitu tak mengherankan jika kini angklung diminati masyarakat dunia. Dengan eksistensi angklung yang makin mendunia, kalian juga pasti ingin memainkannya bukan? Kini, kalian juga dapat belajar memainkan angklung di sekolah musik modern. Wow, hebat bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s