Alat Musik yang Hampir Terlupakan

Perkembangan seni dan budaya saat ini memang mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Salah satu seni budaya yang masih terpatri dalam diri masyarakat Indonesia adalah musik. Musik yang indah tentunya diiringi dengan alunan alat musik yang menyesuaikan dengan nada-nada dan irama agar terdengar merdu. Alat musik yang ngetrend di dunia remaja adalah alat musik modern yang sering dimainkan oleh para remaja. Tak hanya remaja, banyak kalangan anak-anak yang sudah belajar memainkan alat musik modern. Dengan keadaan seperti ini banyak alat musik tradisional yang semakin dilupakan oleh anak muda sekarang. Banyak alasan anak muda untuk meninggalkan alat musik tradisional, seperti ketinggalan zaman, tidak ngetrend, terlalu kuno dan masih banyak lagi alasannya.

Alat Musik Angklung
Sebagian anak muda sudah ada yang mulai mencintai atau mengunggah lagi alat musik tradisional. Mereka beralasan bahwa alat musik tradisional bisa dikolaborasikan dengan alat musik modern. Biasanya alat musik tradisional yang sering dikolaborasi dengan alat musik modern adalah angklung. Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari bambu. Angklung berasal dari daerah sunda jawa barat. Alat musik ini dibunyikan dengan digoyangkan, sehingga bisa menghasilkan bunyi yang bergetar. Tetapi tidak ada kepastian angklung ini digunakan oleh masyarakat.

Pembagian Alat Musik Angklung
Angklung sendiri mempunyai beberapa jenis diantaranya.

Angklung Kanekes
Angklung jenis ini disebut kanekes karena sering di gunakan di daerah kanekes. Angklung digunakan atau dibunyikan ketika menanam padi. Banyak jenis angklung di kanekes di antaranya adalah indung, ringkung, dondong, gunjing, engklok, indung leutik, torolok, dan roel.

Angklung banyuwangi
Angklung banyuwangi ini berbentuk seperti calung bernada budaya banyuwangi

Angklung bali
Angklung bali ini tidak jauh berbeda dengan angklung banyuwangi yang sama-sama mempunyai nada asli dari daerah tersebut.

Angklung Dogdog Lojor
Kesenian ini berasal dari kesatuan adat banten kidul. Kesenian ini sering digunakan dalam acara adat yaitu ketika masyarakat telah melakukan panen padi.

Itulah tadi beberapa jenis musik angklung yang sekarang keberadaan alat musik tersebut sangat mendunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s