Alat Musik Gamelan Jawa

Di Indonesia sangat beragam keseniaannya.Dari keberagaman kesenian tersebut banyak sekali alat musik yang sangat beranekaragam.Salah satunya adalah Gamelan.Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang mempunyai arti memukul.Gamelan kebanyakan berada di daerah Jawa, Madura Bali dengan berbagai jenis ukuran.Di kesempatan ini saya akan membahas tentang Gamelan yang ada di Pulau JAwa. Gamelan Jawa biasanya menonjolkan metalafon, gambang, gendang dan Gong.

Alat Musik Gamelan yang Terbuat dari Perunggu
Salah satu alat musik gamelan Jawa yatu alat musik gong. Alat musik gong sering digunakan untuk music tradisional. Gong terbuat dari bahan perunggu yang berbentuk bundar dan besar seperti kuali. Gong mempunyai ukuran dengangaris tengah 69 cm s/d 105 cm. Gong sangat populer di musik tradisional jawa. Gong berfungsi sebagai penanda akhir dari bagian lagu yang liriknya panjang.
Alat Musik Gamelan yang Alasnya Terbuat dari Kayu.

1. Kendang
Kendang terbuat dari kayu berbentuk lonjong bulat tengahnya berongga kedua sisinya ditutupi kulit hewan. Cara menggunakan kendang dengan cara ditabuh dikedua sisi. Suara yang dihasilkan adalah dung dan dang. Ukuran Kendang dibagi menjadi tiga yaitu kendang yang paling kecil namanya kendang ketipung, kendang yang menengah namanya Ciblon juga bisa disebut kendang kebar, kendang yang besar bernama Kendang Gedhe.Dari ketiga kendang tersebut yang digunakan dalam Gamelan adalah Kendang Gedhe karena kendang gedhe mempunyai nada yang halus.

2. Gambang
Gambang terbuat kayu sebagai bahan dasarnya untuk yang menghasilkan nadanya terbuat dari bambu.Nadanya berurutan dari nada yang kecil ke nada yang paling besar.hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan nada yang bervariasi.

3. Bonang
Bonang termasuk instrument yang penting di dalam gamelan.Bonang dibagi menjadi menjadi dua jenis yaitu Bonang Barung dan Bonang Penerus.Untuk Bonang barung berbentuk mendium yang menghasilkan nada menengah sampai tinggi.Bonang barung dimainkan secara di pukul.Sedangkan Bonang panerus adalah bonang yang terkecil dan bernada tinggi.Bonang penerus berkecapatan 2 kali lebih cepat dari bonang barung.

4. Demung
Demung terbuat dari kayu sebagai dasarnya untuk menghasilkan nadanya terbuat dari lempengan besi.Demung menghasilkan nada yang paling rendah dalam anggota balungan. Demung dimainkan dengan cara dipukul dengan keras dan cepat.

Itu tadi alat musik gamelan yang mulai langka digunakan.Gamelan biasanya sering mengiringi pentas wayang kulit.Semoga bisa menambah wawasan anda mengenai musik gamelan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s