Pengertian Terapi Musik

Terapi musik adalah usaha meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan suara seperti melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya. Semuanya dilebur dan diorganisisr sedemikian ripa sehingga tercipta usik yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Musik dapat memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit ketika diterapkan menjadi sebuah terapi.

Pengertian Terapi Musik

Pengertian Terapi Musik

Musik dapat meningkatkan, memulihkan dan memelihata kesehatan fisik, mental, emosional, sosial dan spiritual. Mengapa bisa seperti itu? Karena musik memiliki beberapa kelebihan yakni bersifat nyaman, menenangkan, membuat rileks, berstruktur dan universal. Dan anda juga harus ingat bahwa hampir semua anggota kita bergerak seperti irama.

 

Contohnya nafas kita, detak jantung dan pulsasi semuanya bergerak seperti irama teratur dan memiliki ketukan yang berulang. Terapi musik biasanya bersifat universal karena tidak membutuhkan kerja otak yang berat untuk menginterpretasikan alunan musik yang diputar. Karena itulah tidak ada kesulitan pendengar dalam memahami musik.

 

Eva Vescelius adalah sosok yang ang paling berperan penting dalam memperkenalkan terapi musik. Menurut Eva warna suara dapat memberikan pengaruh menenangkan kepada para penderita khususnya yang mengalami masalah psikologi. Dan dari sekian banyak instrumen yang ada piano lah yang palig efektif untuk dugunakan sebagai alat terapi.

 

Menurut beberapa penelitian suara piano dapat mengubah mood seseorang dengan cepat. Karena itulah para terapist lebih banyak membeli keyboard atau piano ketimbang alat musik lain. Bagi anda yang ingin mencoba kekuatan terapi musik anda bisa mengikuti kelasnya. Ada beberapa terapi musik di Indonesia yang bisa anda ikuti namun jumlahnya masih jarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s