Musik dan peningkatan harga diri individu

Musik dan harga diri sangatlah berkaitan erat, menurut sejumlah penelitian musik dapat membantu orang-orang untuk lebih percaya diri karena musik dapat meningkatkan kemampuan otonomi mereka. Ketika memilih instrumen dan genre musik saat itupulalah setiap orang mampu meningkatkan kepercayaan dirinya.

Saat memilih itu artinya orang tersebut sudah percaya diri bisa menguasai instrumen pilihannya. Perasaan seperti ini akan membuat seseorang lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain, berdiskusi dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya. Ketika mereka menjadi lebih superior dan mampu menguasai keadaan saat itulah mereka merasa harga dirinya terangkat.

Belum lagi ketika melakukan pertunjukan musik dan mendapati orang-orang menyukai penampilan anda. Anda akan merasa sebagai sosok yang paling dipuja dan paling berharga. Sehingga sifat rendah diri bisa anda buang jauh-jauh. Karena itulah musik sangat cocok dijadikan terapi untuk anda yang memiliki sifat rendah diri.

Jangan ragu atau malu untuk memulai, coba beli alat musik keyboard dan berlatihlah dengan instrumen perkusi tersebut. Sesekali tunjukkan kemampuan anda didepan keluarga, kemudian beranjak ke lingkungan pertemanan. Lambat laun anda akan bisa dan terbiasa tampil didepan massa berjumlah puluhan bahkan ratusan.

Kuncinya adalah tetap semangat dan konsisten, jangan malu untuk memulai. Karena tidak ada manusia yang dilahirkan sempurna, ingatlah bahwa semua orang lahir dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda hanya perlu mengetahui kelebihan dalam diri anda untuk dikembangkan dan kemudian meningkatkan harga diri anda.

yamaha.com : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments   

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s