Tips mengatasi kebosanan anak belajar musik

Musik sudah menjadi pilihan para orang tua untuk mengisi waktu luang anak-anaknya. Karena mereka tahu musik dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak-anak. Di Australia anak-anak berusia 6-7 tahun rata-rata sudah bergabung dengan berbagai sekolah musik. Hasilnya, mereka lebih fokus ketika masuk sekolah dasar.

Di Indonesia sendiri ada beberapa sekolah musik yang menerima murid dari umur lima tahun, salah satunya Yamaha Music School. Anda bisa memasukkan anak-anak anda disekolah ini. Namun memasukkan anak usia lima tahun kesekolah musik bukanlah hal mudah. Seban diumur lima tahun anak-anak sangat sulit diatur.

Terkadang sangat antusias belajar musik, terkadang tidak mau memegang instrumen sama sekali. Tentunya anda membutuhkan trik-trik untuk menangani anak anda ketika dia sedang bosan bermain musik. Pertama adalah tumbuhkan terus minat anak, ketika rasaingin tahu anak terus bertumbuh maka rasa bosa akan mudah teratasi, karena ia selalu ingin tahu.

Kedua adalah cari variasi, ini artinya berilah dia suasana baru dalam berlatih. Sesekali bawalah dia untuk berlatih di cafe atau tempat-tempat ramai lainnya. Strategi ini dapat menghadirkan nuansa baru dalam proses latihan anak anda. Jika ia sedang bosan ditempat les musik anda juga bisa menyiasatinya dengan berlatih dirumah saja. Beli alat musik keyboard dan teman sikecil bermain musik dirumah.

Cara ini akan membuatnya lebih ceria, karena pada dasarnya anak-anak lebih suka belajar bersama orang tuanya dibandingkan dengan orang lain. Jangan lupa untuk terus mendukung dan memberi mereka motivasi agar selalu besemangat ketika berlatih.

yamaha : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s