Les musik bukanlah sesuatu yang merugikan

Beberapa musisi pemula memilih belajar otodidak dalam bermusik karena berbagai alasan, dan alasan terbesar adalah finansial. Les musik dianggap sebagai suatu pemborosan mengingat biaya les musik memang mahal. Setidaknya setiap bulan jutaan rupiah harus dikeluarkan untuk bisa mengikuti les musik.

Tidak hanya itu les musik juga secara otomatis memotong waktu anda sehari-hari. Artinya, ada kegiatan lain yang harus dikorbankan untuk dapat mengikuti les musik. Karena pertimbangan inilah sebagian orang berpandangan bahwa les musik sangat merugikan baik dalam hal finansial maupun waktu.

 

Padahal jika anda telisik lebih jauh les musik bukan sesuatu yang merugikan. Mungkin ya waktu anda akan terkuras habis, mungkin benar kantong anda juga akan menjadi kosong ketika memutuskan mengikuti les musik.Tapi lihatlah manfaatnya, ketika orang-orang yang belajar otodidak membutuhkan waktu belasan tahun untuk mengikuti les musik.

 

Anda hanya memerlukan satu dua tahun untuk lihai melakukan eksplorasi. Ketika sebagian orang sibuk mencari tips and trik belajar otodidak dan menghabiskan uang untuk mencari itu, anda menghabiskan uang dengan lebih tepat. Mengapa? Karena dengan mengikuti les musik anda membayar orang yang tepat dengan harga yang tepat.

 

Hal ini jelas jauh lebih menguntungkan dibanding anda harus mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak jelas. Ketika anda ingin membeli alat musik yamaha piano yang bagus anda bisa meminta saran dari guru les, ketika anda sedang memilih gitar terbaik guru les anda akan menunjukkan mana yang paling bagus. Mengikuti les musik meminimalisir anda dari kerugian baik waktu maupun finansial.

 

Jadi buanglah jauh-jauh pandangan bahwa les musik hanyalah sesuatu yang merugikan. Cobalah ikut les musik didekat rumah anda dan coba rasakan manfaatnya.

yamaha.com : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s