Alat Musik Tradisional Khas Indonesia

Alat musik Indonesia beragam macamnya. Banyaknya propinsi di Indonesia menyebabkan keanekaragaman tersendiri pada alat musik khususnya alat musik jenis tradisional. Meskipun kadang orang menganggap alat musik tradisional sebagai alat musik yang sudah kuno atau tertinggal, sebenarnya itu merupakan kesalahan yang besar. Alat musik tradisional sebenarnya menjadi kekayaan budaya yang menjadi asset Negara Indonesia. Ada 33 propinsi di Indonesia juga tentunya ada lebih dari 33 alat musik tradisional di Indonesia.

Alat Musik Tradisional di Pulau Jawa
Pulau Jawa memiliki banyak propinsi dan merupakan pulau dengan terpadat penduduknya. Dengan banyaknya ragam suku dan penduduk di pulau Jawa memungkinkan beragam pula alat musik yang terdapat di pulau Jawa. Pulau Jawa yang terdiri dari Propinsi Daerah Istimewa Jakarta memiliki alat musik khas tradisional aitu bernama Tehyan. Alat musik ini cara memainkannya dengan cara digesek dengan alat khusus pada bagian senar atau bagian dawainya seperti memainkan biola. Di Propinsi Jawa Barat terdapat alat musik tradisional yang sangat khas dan cukup terkenal yaitu angklung. Alat musik ini dimainkan dengan cara digetarkan dengan menggunakan tangan. Ada alat musik gamelan yang menjadi khas Propinsi Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat gendang yang menjadi ciri khasnya dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapak tangan. Di Propinsi Jawa Timur ada alat musik tradisional yang khas yaitu boning yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus. Di Propinsi Banten ada gendang khusus  yang dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Tradisional di Luar Pulau jawa
Selain di Jawa, di luar Pulau Jawa terdapat juga beragam alat musik tradisional yang khas. Di Propinsi Aceh terdapat Serune Kalee yang dimainkan dengan ditiup serta terdapat lubang yang dimainkan dengan jari sebagai pengatur nada. Lain lagi dengan Propinsi Bali terdapat serunai yang cara memainkannya juga dengan ditiup sambil memainkan nada dengan menggunakan jari pada lubang-lubangnya. Ada alat musik Japen dengan cara dipetik pada bagian senarnya. Jika pada semua alat musik tradisional merek bergantung pada daerah masing-masing namun jika alat musik modern harus mengutamakan merek karena jelas terbukti merek Yamaha alat musik lebih berkualitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s