Midi

Bagi seorang musisi semi profesional kata Midi sudah tidak asing lagi ditelinga, Misi kerap dipakai oleh musisi-musisi dijaman digital seperti sekarang. Midi merupakan singkatan dari Musical Instrumen Digital Interface yang merupakan sebuah sisitem koneksi antar perangkat musik secara digital. Midi mulai diperkenalkan pada 1980.

Midi tidak memproduksi suara dan hanya sebuah pesan berurutan (serial). Pesan-pesan tersebut dikenali oleh instrumen musik yang berbasis Midi untuk kemudian instrumen tersebut memproduksi suara sesuai pesan Midi. Sistem ini biasa digunakan untuk instrumen musik keyboard elektronin maupun synthesizer.

Midi dapat menjadi bank suara ketika para keyboardist manggung, bank suara tersebut tersimpan didalam laptop lewat beragam aplikasi plug-in yang disebut VSTI atau secara mudahnya bisajuga disebut instrumen virtual. Program ini hanya bisa diterapkan pada sistem operasi windows. Tak heran jika banyak keyboardist kerap tampil dengan membawa laptop.

Hingga saat ini belum ada sistem yang bisa melampaui kualitas Midi, sayangnya sistem ini belum bisa diterapkan untuk smartphone seperti android. Namun ada beberapa tablet yang bisa digunakan untuk menggunakan perangkat ini yakni Acer Iconia W4. Bentuknya yang mini memudahkan para keyboardist membawanya keatas panggung.

Anda bisa memiliki perangkat ini dengan membelinya dibeberapa situs online. Namun sebelum memiliki sistem ini akan lebih baik jika anda membeli piano terlebih dahulu. Akan sangat aneh melihat anda menggunakan Midi namun tidak memiliki keyboard sendiri.

Id.yamaha.com  : http://id.yamaha.com/id/products

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s