Gitar, Instrumen paling sulit untuk anak berkebutuhan khusus

Gitar mungkin menjadi intrumen pilihan utama bagi para musisi pemula karena dianggap mudah dipelajari. Selain itu gitar digunakan dihampir semua genre musik, karena itulah tingkat kepentingan mempelajari gitar amat tinggi. Namun menurut para pakar musik, gitar adalah instrumen yang paling sulit dipelajari oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Terutama karena permainan gitar membutuhkan gaya pembelajaran yang struktur sedangkan anak berkebutuhan khusus cenderung bermain secara acak. Hal paling sulit bagi anak berkebutuhan khusus dalam bermain gitar adalah menghapal chord.

Tidak seperti drum dan piano yang memiliki bunyi keras gitar sangat sulit dipelajari karena bunyinya yang lembut. Adapun gitar listrik yang dapat memberikan efek suara keras sangat tidak mungkin dipelajari oleh anak-anak berkebutuhan khusus, karena permainan gitar listrik terlebih dulu harus menguasai gitar klasik. Jumlah senar yang begitu banyak memiliki kekayaan bunyi juga menjadi masalah lain bagi para penyandang berkebutuhan khusus. Sangat sulit bagi mereka menghapal banyak chord lantaran daya konsentrasi yang amat rendah.

Namun bukan berarti kesempatan para penyandang berkebutuhan khusus dalam belajar gitar tertutup rapat. Para penyandang berkebutuhan khusus masih bisa mempelajari gitar tentunya dengan latihan ekstra keras dan pengajar ekstra sabar. Para peneliti menyarankan untuk mengajarkan para penyandang berkebutuhan khusus belajar drum baru kemudian beralih ke gitar. Drum mampu membuat mereka lebih fokus. Beli gitar yamaha dan ajari mereka dengan sabar, jangan cepat marah ketika mereka mengamuk karena tidak bisa menguasai permainannya. Sebaliknya, anda harus lebih tenang untuk membuatnya lebih tenang. Percayalah lambat laun mereka yang memiliki kebutuhan khusus pasti bisa bermain gitar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s