Bass pada Lagu

Bass adalah instrumen yang menentukan tempo bermain musik, menjaga gitar dan vokal tetap konsisten berada pada tempo yang ditentukkan. Untuk bisa bermain gitar bass, anda terlebih dulu harus bisa memainkan gitar biasa. Sangat disarankan untuk tidak mempelajari gitar bass langsung sebelum mengenali gitar klasik.

Pasalnya orang yang menguasai permainan bass belum tentu bisa bermain gitar. Namun orang yang bisa bermain gitar sudah pasti bisa bermain gitar. Bass adalah alat musik yang menggunakan struk sebagai sumber suara. Bass hanya menggunakan 4 top string. Senar E merupakan yang paling rendah.

Sedangkan strik A, string D dan G adalah yang paling tinggi. Komposisi senar pada bass 4 senar dimulai dari string 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Begitu juga penjelasan di tablature bass hanya menggunakan 4 baris yang mewakili string. Bass ada yang klasi dan akustik, namun yang akustik membutuhkan ampli bass litrik untuk memperkuat suaranya.

Jadi disarankan jika ingin belajar bass gunakan bass akustik, tapi ingat belajar gitar klasik biasa terlebih dulu. Beli gitar dan perdalam kemampuan anda memainkannya baru kemudian beralih ke gitar bass. Jika belum memahami betul permainan gitar klasik biasa jangan berani-berani beralih ke bass.

Pasalnya, hal ini dapat membuyarkan konsentrasi anda dan membuat pemahaman anda terhadap permainan gitar terhambat. Lebih bersabarlah dalam belajar. Ingatlah bahwa jalan menuju kesuksesan tidak mudah dan panjang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s