Aksen dalam musik

Aksen yang dimaksud disini bukanlah aksen dalam artian budaya yakni gaya berbicara orang. Aksen dalam notasi musik adalah sebuah tanda dalam sebuah notasi yang memiliki bentuk (>), tanda ini bisanya diletakkan diatas sebuah not. Aksen dalam musik berarti penekanan, not yang diberi aksen berarti harus dipukul lebih keras.

Kadang kala ada juga musisi yang menulis aksen dengan tanas (v), namun tanda ini jarang sekali digunakan, sebab tanda (>) yang dianggap lebih cepat dan mudah ditangkap mata. Ketika anda bermain alat musik piano kemudian menemukan tanda tersebut cukup tekan lebih keras saja daripada not lain yang tidak memiliki aksen.

 

Pengetahuan tetang aksen mugkin tidak akan anda dapat jika hanya mengandalkan pelajaran otodidak. Sebab istilah-istilah seperti ini biasanya hanya ditemui dalam kursus musik, nah akan menjadi nilai plus bagi anda yang belajar secara otodidak namun mengerti istilah-istilah sulit dalam musik.

 

Intinya anda harus rajin membaca dan mencari tahu, jika anda seorang piano bukan hanya membeli piano yang menjadi agenda utama anda. Melainkan juga memperdalam bagaiman teknik permainannya, atau bahkan mengeksplorasi instrumen tersebut hingga memiliki bunyi mirip instrumen lain.

 

Banyak-banyaklah bertanya pada senior anda tentang teknik-teknik membaca not balok. Sebab seorang pianist yang tidak bisa membaca not balok sama artinya dengan manusia pincang. Pelajari dan perdalam not balok hingga anda bisa melakukan aransmen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s