Posisi Terbaik Bermain Piano

Setiap pianist memiliki gaya dan karakter sendiri ketika bermain piano, semua dilakukan karena mereka ingin berbeda dari kebanyakan pianist. Siapa yang tampil beda dialah yang akan diingat dan dikenang. Hal itu berlanjut dengan penampilan mereka ketika menaruh jari-jari diatas nuts piano. Anda juga bisa mempraktekan ini jika ingin tampil beda.

Namun perlu diingat apapun gaya yang ingin anda tampilkan, tetap anda standard permainan yang harus anda ikuti agar penampilan anda tidak berujung pada kekacauan. Posisi wajib seorang pianist yang harus anda ketahui adalah selalu bermain piano dalam posisis duduk yang rileks, tegak dan tidak bungkuk.

Bagi orang yang terbiasa duduk bungkuk mungkin hal ini akan menyulitkan, namun jika sudah terbiasa posisi duduk tegak justru akan membuat anda nyaman dan lebih sehat karena tulang belakang anda berada dalam kondisi tegang sesuai dengan anjuran dokter. Kemudian anda juga harus memperhatikan posisi lengan.

Lengan harus sejajar dengan tuts piano serta dalam keadaan rileks dan tidak tegang. Jika lengan anda menegang bisa jadi ketika memencet nuts suaranya tidak akan maksimal karena posisi jari anda menjadi tidak benar. Ingat juga bahwa bentuk jari tangan anda ketika bermain adalah bulat melengkung.

Jika posisi ini tidak dilakukan dengan benar maka akan mengakibatkan jari anda tidak leluasa bergerak diatas tuts serta menganggu kualitas tone atau bunyi nada. Selain itu tekanan jari juga terlihat tidak enak dimata. Pada saat menekan tuts dengan satu jari ingatlah jari lain tidak boleh ikut menekan tuts. Itulah posisi terbaik seoang pianist dalam memainkan piano, beli piano dan praktekan hal ini sekarang juga agar anda tidak melakukan kesalahan fatal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s