Selera musik dan kepribadian

Pernahkah terbayang dalam benar anda bahwa selera musik dapat mencerminkan kepribadian? Hal ini ternyata menyulut ketertarikan seorang peneliti dari Heriot-Watt University Professor Adrian North, ia melibatkan puluhan ribu orang diseluruh dunia untuk sebuah riset terbesar didunia tentang pengaruh musik dalam menentukan kepribadian manusia.

Temuan paling menarik dari riset ini adalah adanya kesamaan antara penggemar musik klasik dan heavy metal. Orang-orang yang menyukai kedua genre ini cenderung memiliki sikap kreatif, tenang dan tidak outgoing. North mengatakan riset ini sangat berpengaruh untuk para produser didunia, karena dengan memahami selera musik seseorang anda akan dapat mengerti kepribadian banyak orang dan menentukan siapa saja yang bisa menjadi target produk atau karya anda.

 

Penelitian yang melibatkan penyuka musik blues, jazz, klasik, rap, opera, country, reggae, dance, indie, rock, pop, soul dan bollywood itu memperlihatkan bawa hanya penyuka country, dance dan hollywood lah yang memiliki kepercayaan diri sangat rendah, penyuka jazz, klasik dan rapp cenderung kurang gentel.

 

Sedangkan penyuka opera dan country memiliki karakter yang kurang tenang apalagi jika dihadapkan pada sebuah masalah. Reggae, indi dan rock adalah genre-genre yang dipilih oleh orang-orang pemalas alias bukan pekerja keras. Yang menarik lagi adalah ternyata penyuka musik pop bukanlah pribadi yang kreatif dan tenang.

 

Mungkin inilah alasan mengapa musik pop di Indonesia tidak berkembang dan musisinya cenderung hanya menjiplak karya-karya lama. Dan untuk penggemar musik blues mereka sangat beruntung karena termasuk orang yang percaya diri, kreatif, outgoing, gentle dan tenang. Sedangkan bagi penyuka musik India sebaliknya anda adalah pribadi yang pesimis, pemalas, tidak gentle dan tidak tenang.

 

Namun penelitian ini sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan karena hanya mengambil beberapa sampel saja. Sebenarnya apapun pilihan genre anda jika anda mau belajar tentunya anda bisa mendobrak hasil penelitian diatas, beli gitar dan berlatihlah dengan keras untuk menunjukkan bahwa genre pilihan anda bukanlah yang terburuk.

Source : yamaha musik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s