Mengenal proses Mixing

Proses mixing adalah proses saat kita menyatukan seluruh suara instrumen yang sudah direkam sehingga semuanya tedengar lebih jelas dan enak didengar. Dalam proses ini kita juga diharuskan untuk memilih mana suara instrumen yang akan ditonjolkan dan mana yang akan ditempatkan pada bagian paling belakang.

Mengenal proses Mixing

Mengenal proses Mixing

Proses mixing hampir sama dengan memasak. Jika proses rekaman adalah sama halnya ketika menyiapkan bahan masakan, maka makanan yang tersaji bisa dianalogikan seperti hasil rekaman. Didalam proses tersebut kita hanya memilih yang terbaik.

Jika dinilai kurang anda bisa mengulangnya, memilih bahan terbaik dan mencampurkannya lagi sampai dirasa sudah enak didengar. Pastikan tidak ada suara buruk atau kesalahan lain yang terekam. Dalam proses mixing jangan lupakan juga proses mastering.

Tahap mastering memastikan semua suara keluar sempurna, tidak akan ada yang terdengar sayup-sayup atau terlalu menggelegar. Mixing bukan hanya sekedar teknik namun juga latihan bagi sense anda. Bagaimana indera pendengaran mampu memilah yang terbaik dari yang terbaik.

Tentunya semua itu juga perlu dukungan instrumen yang memadai, anda bisa beli alat musik drum, gitar atau keyboard untuk menciptakan mixing yang baik. Tarik juga salah satu teman untuk mendengarkan hasil mixing, sehingga jika ada yang kurang enak didengar anda bisa langsung mengubahnya.

Mixing membutuhkan waktu lama apalagi jika anda banyak membuat kesalahan, karena itu anda harus lebih bersabar. Jangan lelah apalagi ragu untuk mengulang, jika memang harus dibuat lagi ya bua saja. Lagipula kebiasaan mixing anda juga bisa melatih feel anda dalam musik.

Source : yamaha musik |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s