Guru yang baik tidak pernah memaksa

Anda adalah seorang pianist dan bercita-cita menjadi guru piano? Tentu ini adalah hal yang bagus, menjadi guru itu artinya anda bisa berbagi ilmu dan sekaligus menambah penghasilan. Tapi tentunya menjadi pengajar piano itu tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya bukan hanya kualitas yang diuji namun juga kepekaan sebagai seorang guru.

Ya menjadi pengajar mendorong anda untuk lebih sensitif, terutama dalam melihat perkembangan anak-anak. Anda tidak bisa serta merta cuek dengan murid dan kemudian membiarkan mereka melakukan kesalahan. Guru yang baik adalah mereka yang bisa membuat muridnya menjadi pribadi lebih baik.

 

Pengajar yang kompeten juga tidak pernah memaksa, ini banyak dialami para pengajar. Biasanya yang menjadi guru privat untuk anak-anak. Saat mengajar mereka baru tahu bahwa anak-anak yang akan menjadi muridnya ternyata tidak menyukai piano, sayangnya meski sudah tahu begitu tetap saja pelajaran dilanjutkan.

 

Padahal guru yang baik tidak pernah memaksa muridnya untuk melakukan hal yang tidak ia sukai. Memang pada awalnya anda berhak memperkenalkan piano, namun jika beberapa latihan kemudian si anak tetap tidak menyukai piano maka sebaiknya anda mundur saja. Mungkin dia sudah memiliki instrumen pilihan nya sendiri.

 

Konsultasi kan hal ini kepada orang tua mereka, bahwa memaksa anak belajar sesuatu yang tidak dia sukai adalah tindakan yang salah. Anda bisa menyarankan para orang tua untuk memasukkan anaknya ke tempat les musik yang benar-benar dia minati. Mungkin para orang tua sudah mengalami banyak kerugian karena telah membeli piano dan sempat membayar anda dengan mahal.

 

Namun itu tidak ada apa-apa nya dibanding kesedihan sang anak yang tidak boleh memainkan instrumen kesukaannya. Buat anda juga jangan takut kehilangan pendapatan karena satu anak ini, yakinlah tuhan sudah menyiapkan rizki untuk setiap orang.

Source : yamaha sekolah musik  :  http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s