Les musik atau les pelajaran?

Anak sekolah adalah salah satu kaum yang gampang-gampang susah untuk belajar musik, bukan karena kemampuan bermain mereka yang kurang melainkan karena kurangnya biaya. Bagi beberapa anak yang dilahirkan dalam keluarga mampu mungkin tidak akan banyak menemui kendala. Namun bagaimana dengan mereka yang dilahirkan dalam keluarga biasa?

Tentunya belajar musik menjadi sesuatu yang amat mahal, mereka akan kesulitan bahkan dalam dasar pembelajaran misalnya ketika membeli keyboard, gitar atau instrument musik lain. Kecil kemungkinan mereka bisa memiliki instrument kesukaannya mengingat kondisi keuangan keluarga cukup lemah. Tragisnya lagi bagi yang ingin menjadi musisi professional dengan belajar teori musik.

Maka les musik menjadi satu-satunya jalan, namun les musik juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya dalam sebulan harus ada biaya yang dikeluarkan dan itu lumayan besar. Biasanya anak-anak yang dilahirkan dari keluarga sederhana tidak akan mendapat ijin apalagi bantuan keuangan dari keluarganya untuk mengikuti les musik.

Pasalnya para orang tua lebih menginginkan anak-anaknya untuk mengikuti les pelajaran demi memacu prestasinya dibidang akademik. Jika sudah seperti ini maka si anak tersebut harus berusaha lebih keras untuk mencari jalan keluar. Bisa dengan bekerja paruh waktu atau mencari sponsor yakni pinjaman kepada seseorang. Namun menjadi donor juga tidak mudah kecuali masih kerabat.

Jika anda menemukan anak sekolah yang mengalami kondisi seperti ini tidak ada salahnya memberikan sedikit bantuan, misalnya dengan memberinya pekerjaan paruh waktu atau menjadi sponsornya. Biasanya anak-anak yang berjuang keras seperti ini akan berhasil dalam dunia musik. Ketika mereka berhasil anda juga yang akan senang melihat bantuan anda menjadi berkah bagi orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s