Tujuan belajar not balok untuk drummer

Not balok kerap menjadi momok menakutkan bagi sebagian musisi, terutama bagi mereka yang belajar musik secara otodidak. Not balok sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari hanya saja memang membutuhkan konsentrasi lebih untuk bisa menguasainya, apalagi not balok khusus untuk permainan drum. Ini agak lebih sulit dibanding not balok untuk instrument lain seperti piano dan gitar.

Banyak yang mempertanyakan untuk apa drummer mempelajari not balok? Bukankah seorang drummer itu cukup hanya perlu membeli alat musik drum kemudian memainkannya dengan feeling? Anggapan ini sangat salah. Sebab seperti instrument lainnya drum juga memiliki standard permainan tertentu yang hanya bisa diciptakan oleh ketukan tertentu, ketukan tersebut pastinya berasal dari not balok.

Source : Yamaha Musik Indonesia

Jadi ketika ada yang mengatakan bahwa not balok tidak begitu penting untuk drummer maka pendapat itu salah besar, menurut para ahli ada banyak manfaat yang kita dapat ketika bisa menggunakan not balok drum, manfaat yang pertama adalah mempermudah dalam belajar drum, kedua mudah dalam mengajarkan orang lain, ketika anda tidak perlu mengingat bear drum, tinggal dicatat saja.

Keempat bisa mengajar di institusi atau sekolah drum dan terakhir membantu anda bekomunikasi dengan musisi lain yang tentunya lebih professional. Pasalnya hampir semua drummer professional yang tampil dalam orchestra bermain menggunakan not balok. Tentunya akan sangat memalukan ketika anda berdiskusi dengan mereka dan akhirnya tidak nyambung.

Sedari sekarang mulailah mencari tahu apa dan bagaimana bentuk not balok drum, pelajari sampai hapal dan pahami baik-baik bahkan jika bisa sampai anda mampu membuat aransemen sendiri menggunakan not balok drum. Jika tidak bisa mempelajarinya secara otodidak ikuti les musik saja, banyak guru yang akan membantu anda untuk memahami bagaimana menyusun not balok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s