Tanpa pedal tak mungkin bisa melatih kaki

Permasalahan orang-orang yang tidak memiliki drum sendiri adalah sulit berlatih setiap hari. Sedangkan untuk datang ke penyewaan studio musik juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun faktanya banyak drummer yang tetap bisa sukses kendati tidak punya drum sendiri. Tapi tentunya proses belajar mereka jauh lebih lambat dibanding para drummer yang membeli alat musik drum.

Salah satu kendala yang banyak dihadapi para drummer pemula itu adalah bagaimana melatih kaki agar terbiasa memainkan single pedal atau slide namun tanpa pedal. Menurut para pakar musik latihan slide tidak bisa diakali dengan alat apapun selain pedal itu sendiri. Sehingga mau tidak mau jika anda ingin menguasai teknik slide maka anda harus memiliki pedal.

Setelah memiliki pedal sendiri, latih terus kaki anda sampai terbiasa. Jika memang benar-benar tidak memiliki budget ada baiknya anda meminjam pedal teman atau pedal ditempat penyewaan musik. Kemudian banyak-banyaklah melatih pedal dengan abjad drum. Ketika anda terbiasa bermain single pedal dengan abjad drum amaka penguasaan anda terhadap permainan single pedal akan lebih mudah.

Jangan anda pikir permainan single pedal itu mudah, karena biarupun terlihat hanya memainkan kaki namun latihan ini cukup sulit dilakukan terutama bagi mereka yang belum bisa menyeleraskan antara permainan kaki dan tangan. Ketahuilah banyak yang gagal diawal pembelajaran dan memutuskan meninggalkan drum karena alasan ini. Anda tentu tak mau menjadi salah satu dari mereka bukan?

Karena itu perdalamlah ilmu bermusik anda untuk bisa memainkan single pedal, jika bisa berlatihlah setiap hari agar anda lebih cepat menguasai teknik ini. Ketika sudah menguasainya tentu pembelajaran selanjutnya yakni double pedal akan lebih mudah.

Leave a comment