Pengaruh bahan dan konstruksi shell terhadap suara snare

Suara snare drum adalah penentu karakter permainan seorang drummer sekaligus menjadi cirri yang paling mudah dikenali oleh para penonton. karena itulah pemilihan snare menjadi rutinitas yang amat penting sepenting anda memilih pedal bass. Namun belum banyak drummer yang mengetahui bagaimana cara memilih snare yang baik, walhasil banyak orang yang salah pilih ketika membeli drum.

Yang periu diperhatikan ketika memilih snare drum adalah bahan pembuatan dan konstruksi shellnya. Untuk bahan pembuatan shell snare banyak sekali macam bahan yang digunakan. Namun ada dua jenis material yang paling umum digunakan yakni kayu dan logam/metal. Pembuatan dari kayu dan logam sendiri memiliki tipenya masing-masing tentunya dengan berbagai karakteristik yang berbeda.

Selain kayu dan logam ada juga bahan lain yang kerap digunakan yakni acrylic yang notabene digunakan sebagai bahan dasar pembuat shell snare. Sedangkan untuk factor konstruksi shell kayu ada banyak tipe konstruksi shell yakni ply yang merupakan shell snare yang dibuat dengan menggunakan banyak lapis kayu, kemudian ada single ply yang dalam pembuatannya hanya menggunakan satu lapis kayu.

Ada juga yang terbuat dari block dan segment. Untuk tipe ply berarti adala beberapa jenis kayu tipis yang disusun, dilem dan dipress menjadi berbentuk bulat. Sedangkan single ply biasanya dibuat dari satu ply yang akan tebal kemudian dibengkokan dan menjadi berbentuk bulat. Sementara block itu dibuat dari potongan kayu block vertical dengan ketebalan sekitar 1-1,5cm dan disusun menjadi bentuk lingkaran.

Snare shell block ini agar berbeda dengan oly karena dibuat tanpa disusun maupun dilem seperti halnya ply snare. Shell block juga memiliki bahan yang lebih padat pada struktur kayu bodynya. Hal ini membuat shell block dapat menghasilkan suara yang lebih beresonansi dan akhirnya menghasilkan output suara yang loud dan lebih indah.

Source : yamaha musik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s