Menilik gitar bekas yang baik

Membeli gitar bekas bukanlah suatu kejahatan, bahkan ini lebih baik dibanding harus membeli gitar palsu atau kw. Namun anda mesti ekstra waspada ketika beli gitar bekas sebab banyak yang menyesal karena salah memilih antara yang bagus dan yang kurang berkualitas. Pertama yang harus diperhatikan ketika membeli gitar adalah kemampuan keuangan. Jangan membeli gitar mahal ketika anda belum terlalu mahir bermain. Beli yang sedang-sedang saja, yang penting bisa membantu anda mengembangkan diri.

Sebaliknya jangat pelit juga terhadap diri sendiri untuk membeli gitar mahal ketika anda sudah berada ditingkat mahir. Sebelum membeli perhatikan kualitas gitar, ingat mengetahui kualitas gitar bukan dari melihat harganya namun keberadaan gitar itu sendiri. Dengarkan bunyinya apakah salah satu senarnya ada yang false, atau nadanya tidak sesuai pada tiap fred/gripnya. Periksa juga body gitar dengan cara menguncang-guncangnya. Jika ada bunyi saat gitar diguncangkan anda patut ragu. Sebab gitar yang baik tidak berbunyi ketika diguncang-guncang.

BACA JUGA : Memilih bass bekas

Periksa juga apakah ada bagian yang kendor mulai dari kepala gitar yaitu pemutar senar hingga body bawa, pastikan seluruhnya masih berfungsi dengan baik. Perhatikan bagian depan dan belakang gitar siapa tau ada goresan, pastikan body masih halus. Tapi jika anda merasa tidak keberatan dengan goresan itu ambil saja. Kemudian lihat leher gitar apakah sudah bengkok atau masih bagus. Untuk mengetahuinya lakukan dengan mengangkat pantat atau bagian paling bawah gitar ke wajah anda, luruskan pandangan kesisi depan gitar dan lihat lurus ke arah kepala gitar. Jika leher dan badan terlihat melengkung sebaiknya cari gitar lain saja.

Source : Yamaha Musik Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s