Bermain Keyboard Jazz

Musik jazz termasuk kedalam salah satu jenis musik mahal yang memerlukan kepekaan dan kesabaran dalam memainkannya. Para instruktur musik pun mengakui cukup sulit mengajarkan genre ini terutama karena teknik-teknik permainannya yang rumit. Dari segi permainan alat dan penyajiannya musik jazz jauh lebih variatif dibanding genre musik lain. Salah satu instrumen yang sulit digunakan untuk bermain jazz adalah keyboard terutama dalam penggunaan kuncinya. Pemilihan not dan ritem yang dikemas menimbulkan kesan yang mahal.

Inilah titik tersulit yang harus dilalui para keyboardist, mereka akan menghadapi tantangan soal scale (tangga nada) lebih jelasnya lagi merangkai nada. Kemudian krotnya lebih banyak variasi, dan swing feel (mengikuti ketukan), ini tidak sama dengan musik lainnya. Para ahli musik menerangkan untuk bermain musik jazz terlebih dulu harus paham dasar bermain musik. Minimal dibutuhkan waktu enam tahun untuk bisa bermain jazz. Namun hal itu juga bergantung pada tingkat kecerdasan setiap orang. Jika cukup cerdas mungkin anda bisa menguasai permainan jazz kurang dari enam tahun. Tapi jika otak anda pas-pasan bersiaplah untuk menempuh pembelajaran dalam kurun lebih lama.

Sesuatu bisa disebut lagu jazz jika didalamnya memuat ritmix, maksudnya, harus ada improfisasi. Inilah yang membedakan musik jazz dengab musik lainnya pasalnya di musik rock atau genre lain manapun tidak ada improfisasi.
Agar cepat bisa bermain jazz sebaiknya banyak banyaklah mendengarkan musik jazz, latihan secara rutin dan memahami ketukan serta tangga nada. Beli keyboard terbaik dan coba mainkan jari anda dengan not-not jazz yang bisa anda dapatkan dari buku musik atau internet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s