Mulai Bergaungnya Sekolah Musik Tradisional

Banyak sekali sekolah atau tempat kursus bermusik yang dapat kita temukan jaman sekarang. Tidak hanya di kota-kota besar, lembaga-lembaga tersebut pun sudah merambah ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal ini dipicu oleh meningkatnya minat bermusik dari kalangan masyarakat. Karena semakin canggihnya teknologi, berbagai lapisan masyarakat sudah tak asing lagi dengan musik. Namun, yang disayangkan adalah masyarakat jaman sekarang lebih familiar dengan musik dari negara lain dari pada musik tradisional dari Indonesia sendiri. Hal ini dapat dilihat dari semakin sedikitnya generasi muda yang mengenal musik dan alat musik tradisional. Tentunya hal ini sangat memprihatikankan. Untungnya, sekarang mulai ada beberapa kalangan yang peduli dalam melestarikan musik tradisonal dengan cara membuka sekolah musik tradisional.

Sekolah Musik Tradisional di Indonesia

Sebenarnya sudah ada beberapa sekolah atau tempat kursus musik tradisional yang didirikan di Indonesia. Namun, karena kurangnya minat dan antusias masyarakat terutama generasi muda, sekolah-sekolah tersebut kurang populer. Yang paling baru dan belum lama di dirikan adalah Sekolah Musik Melodi untuk Nusantara yang letaknya di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta. Sekolah ini gratis sehingga anda bisa langsung mengikuti kursus tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Sekolah lainnya adalah Saung Angklung Mang Udjo. Sekolah yang sudah cukup populer ini didirikan atas dasar kecintaan Mang Udjo terhadapa alat musik angklung. Biaya yang perlu dikeluarkan pun relatif murah. Selain itu, ada pertunjukan angklung yang diadakan di waktu tertentu.

Keuntungan Mengikuti Sekolah Musik Tradisional

Dengan mengikuti sekolah musik tradisional, kita dapat melestarikan budaya Indonesia yang merupakan ciri khas negara kita. Hal ini akan meningkatkan rasa persatuan dan kecintaan kita terhadap bangsa sendiri. Hal itu akan menjaga budaya kita dari arus jaman modern sehingga nilai-nilai budaya tidak tergerus budaya barat. Selain itu, jika banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui dan memiliki kemampuan soal musik tradisional maka, banyak turis-turis asing yang akan tertarik pada negara kita. Hal ini dapat membantu Indonesia menjadi unggul di mata dunia dengan ciri khasnya.

Advertisements

One thought on “Mulai Bergaungnya Sekolah Musik Tradisional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s