Pengenalan Dasar Tentang Alat Musik Perkusi

Alat musik perkusi sebenarnya merupakan satu jenis instrumen yang sudah cukup banyak kita temui di sekitar kita di masa sekarang ini. Walaupun begitu, sangat disayangkan bahwa hingga sekarang masih saja ada banyak orang bahwa hanya alat-alat seperti drum, gendang, jimbe, dan beberapa instrumen musik lain yang umum ditemuilah lebih dikenal termasuk dalam kategori instrumen musik perkusi. Satu hal yang kurang diketahui adalah bahwa sebenarnya masih ada cukup banyak instrumen lain yang juga termasuk di dalam kategori.

Apa Itu Instrumen Perkusi?

Secara umum bisa dikatakan bahwa alat musik perkusi adalah semua instrumen musik yang menghasilkan bunyi dengan ara membuat getaran. Karena itulah, cara menghasilkan bunyi pada alat semacam ini tidak melulu terbatas pada memukul, tetapi juga mengocok, menggosok, mengadukan, dan masih banyak lagi. Karena cara-cara tersebut juga sebenarnya ada cukup banyak instrumen yang termasuk di dalam kategori ini. Salah satu contoh yang mungkin tidak pernah terbayangkan di pikiran anda adalah alat yang bernama Maraca yang berasal dari Amerika Latin. Sepintas alat ini memang terlihat sangat berbeda dengan drum yang jauh lebih dikenal sebagai alat perkusi.

Berbagai Jenis Instrumen Perkusi

Hingga saat ini ada lima kategori yang berbeda untuk alat musik perkusi ini dan pengklasifikasian alat tersebut sebenarnya dibuat oleh cukup banyak orang yang menulis buku tentang musik. Salah satu yang tulisannya bisa dikatakan sebagai panutan adalah buku yang berjudul Teaching Percussion yang ditulis oleh Gary Cook. Di dalam buku ini, dikatakan bahwa ada 5 jenis alat perkusi yang dibedakan berdasarkan jenis suara yang dihasilkan. Jenis-jenis tersebut adalah: aerofoni, elektrofoni, idiofoni, kordofoni, dan membranofoni. Di setiap kategori ada cukup banyak instrumen musik yang dimasukkan. Yang paling banyak terdapat pada kategori idiofoni, di mana suara dihasilkan dengan cara menggetarkan instrumen. Berbagai macam drum sendiri terdapat di dalam kategori membranofoni di mana suara dihasilkan dengan cara memukul membran. Dengan perngkategorian semacam ini, sangatlah jelas jika instrumen perkusi tidak hanya terbatas pada berbagai macam alat yang lebih dikenal, termasuk drum, bukan?

Baca juga artikel alat musik modern

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s