Jenis-Jenis Sekolah Musik

Bagi seorang calon musisi yang tertarik untuk terjun di dunia musik, beberapa hal perlu dipersiapkan sebagai bekal. Salah satunya adalah pendidikan atau pengetahuan tentang musik. Hal ini bisa ditempuh dengan belajar di salat satu sekolah musik. Akan tetapi, ada berbagai jenis sekolah musik yang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, artikel ini mengulas sekolah musik dan jenis-jenisnya dibagi dalam dua level sebagai berikut.

Sekolah musik di level primer dan sekunder

Di level pendidikan primer dan sekunder terdapat berbagai sekolah musik yang telah berkembangkan. Yang pertama seringkali disebut dengan sekolah spesialis musik.  Sekolah ini terdapat di berbagai negara yang bisa bergabung secara formal maupun non-formal dengan conservatory atau sekolah musik. Sekolah ini bertujuan untuk menjaring bakat dan membina bakat anak yang berusia 8-18 tahun. Yang kedua disebut dengan sekolah musik yang terletak di sebuah sekolah. Hal ini dimaksudkan dengan sekolah yang dibangun di dalam sekolah yang sudah ada. Hal ini umumnya seperti sekolah kejuruan yang memiliki jurusan musik. Yang ketiga adalah divisi pra-kampus. Beberapa kampus memiliki divisi ini untuk diperuntukkan untuk usia anak sekolah. Anak biasanya mengikuti kelas pada hari Sabtu. Yang keempat adalah sekolah atau lembaga yang menyediakan kursus atau pendidikan musik pada sore hari atau akhir pekan. Sekolah ini biasanya dikelola swasta dan bersifat non formal. Sekolah ini diperuntukan usia 4 hingga 20 tahun keatas.

Sekolah musik di level tersier

Dalam level pendidikan tersier ini ada beberapa sekolah bernama conservatory dan sekolah musik dalam universitas. Yang pertama adalah sekolah musik, akademi, kampus atau conservatory. Sekolah jenis ini hanya berfokus di ilmu musik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dalam pertujukan, mengatur dan mengomposisi musik dalam takaran level profesional. Sehingga, jurusan yang ada dalam sekolah ini berkisar tentang musik saja. Yang kedua adalah sekolah musik dalam universitas atau bisa dikatakan jurusan musik dalam universitas umum. Di sekolah musik ini yang difokuskan adalah pembelajaran akademik daripada pertujukan musik. Sehingga diuniversitas tersebut bisa terdapat bervariasi fakultas seperti teknik, ilmu alam dan bahasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s