Menjadi Keyboardist Solo Hanya akan Membatasi Dirimu

Musik bisa menjadi salah satu olahraga tim, melibatkan banyak orang dalam permainannya. Kalian para keyboardist solo mungkin bisa bersenang-senang sendiri dengan menjadi solois dan bahkan bisa lebih sukses jika bermain seorang diri. Tapi ini bukan berarti menandakan kalian tidak harus bermain dengan pemegang instrument lainnya seperti gitaris , drummer maupun vokalis.

Tahukah kalian selalu bermain solo akan membatasi kemampuan? Sebab ketika bermain sendiri kalian tidak bisa mereferensi music seperti apa yang bagus dan sulit mengevaluasi diri. Beda halnya ketika bermain secara berkelompok, kalian bisa bertanya kepada anggota kelompok tentang evaluasi apa yang harus dilakukan sehingga setiap minggu selalu ada perkembangan.

Mungkin banyak dari kalian berpikir “tapi saya masih tidak cukup baik untuk bermain dengan orang lain atau memiliki band”, nah pernyataan ini merupakan buah dari pemikiran tumpul. Jika kalian sulit bermain diluar bersama orang lain kalian tidak akan pernah menjadi lebih baik, ini sama halnya dengan kalian tidak akan bisa berenang jika tidak masuk ke dalam air.

Kalian mungkin belum cukup untuk menjadi keyboardist yang baik, tapi kalian pasti bisa menemukan seseorang di lingkungan kalian yang sudi bermain bersama, melakukan hal-hal yang menyenangkan yang berkaitan dengan music dan mengajari kalian menjadi musisi yang lebih baik. Ketika kalian bermain dengan musisi lain, dinamika bermain yang akan dirasakan benar-benar berbeda.

Kalian harus beradaptasi dengan apa yang orang lain lakukan, bereaksi terhadap musik mereka, dan memberikan penafsiran kalian sendiri. Banyak keyboardist bagus telah mengasah kemampuan mereka dengan bermain di band, dan kini saatnya kalian melakukan hal yang sama.  Beli keyboard dan lawan ketakutanmu, beranilah mencoba bermain bersama musisi lain untuk bisa menjadi keyboardist top.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s