Mengenal Alat Musik Tradisional dari Korea

Korea memang sedang mempunyai pengaruh yang kuat di Indonesia sehingga membuat banyak orang mulai penasaran dan tertarik mencari tahu kebudayaan yang ada di Korea yang biasanya hanya mereka lihat atau tahu sekilas dari drama-drama Korea yang tayang di TV atau DVD. Nah kali ini kita akan membahas alat musik tradisional yang berasal dari Korea.

Haegeum

Haegeum merupakan alat musik tradisonal dari Korea Selatan yang termasuk ke dalam golongan alat musik gesek . Sebenarnya Haegeum sebenarnya turunan dari rebab Cina dan masih saudara dengan alat musik tradisional Cina seperti Xiqin, Erxian dan juga Erhu. Haegeum yang memiliki hanya 4 senar di sebut juga sebagai sohaegeum (소해금). Sebenarnya Sohaegeum tercipta dari haegeum yang dimodifikasi.

Janggu

Janggu atau Ajnggo atau dikenal juga dengan nama Seyogo merupakan alat musik tradisional dari Korea yang termasuk ke dalam kategori alat pukul (serupa gendang tradisonal). Karena bentuknya yang mirip seperti jam pasir maka orang biasa jug menyebut Anggu sebagai gendang jam pasir. Untuk memainkan Janggu diperlukan du buah tongkat kecil yang akan dipukulkan ke Janggu.

Gayageum

Alat musik tradisonal dari Korea selanjutnya adalah Gayageum yang termasuk dalam kategori alat musik petik. Sebenarnya Gayageum berbentuk seperti kecapi namun memiliki 12 buah senar. Menurut sejarahnya, Gayageum tercipta pada zaman Kerajaan Gaya dan diciptakan oleh Kaisar yang berkuasa saat itu yaitu Raja Gasil. Gayageum kemudian mulai menyebar hingga sampa ke kerajaan Silla. Hingga sekarang kita masih bisa melihat Gayageum dimainkan namun bukan seperti Gayageum yang pertama diciptakan karena Gayageum modern sudah dimodifikasi berkali-kali dan yang terkahir dilakukan pada zaman Dinasti Jjoseon yaitu di abad ke 19. Gayageum modern memiliki lebih banyak senar. Ada yang senarnya berjumlah 13, ada yag 17 senar, ada yang 18 senar, hingga ada yang memiliki 25 buah senar.

Ajaeng

Ajaeng adalah alat musik tradisional dari Korea dan sama seperti Gayageum, Ajaeng juga memiliki bentuk seperti kecapi hanya saja ukurannya lebih besar dari Gayageum. Senarnya pun hanya ada 7 buah  dan biasanya terbuat dari sutra.

sumber: http://annamaria323.blogspot.com/2015/06/alat-musik-modern-dan-keterangannya.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s