3 Fondasi Bermain Piano

Ketika kalian memilih piano sebagai instrumen pilihan maka pemahaman tentang piano itu menjadi hal wajib. Kalian harus tahu bagaimana teknik dasar bermain piano dan materi apa saja yang harus dikuasai untuk bisa menjadi pianist profesional. Dalam pembelajaran piano yang paling pentin adalah penguasaan fondasi dasar instrumen ini. Lalu apa saja fondasi tersebut? yakni fingering atau penjarian, teknik bermain dan postur atau posisi tubuh yang baik dalam bermain piano.

Untuk fingering ini sangat mudah dilakukan, belajar mengingat penjarian dengan benar akan mempermudah kalian ketika bermain piano. Tentu kalian tidak harus berpikir keras dalam bermain piano ketika sudah menguasai teknik fingering dengan baik. Rumusnya adalah jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tengah=3, jari manis-4 dan jari kelingking=5.Ibu jari dan kelingking biasanya bermain sangat datar, tetapi jika kalian bisa mengembangkan potensi kedua jari ini maka kalian bisa menciptakan teknik bermain yang lebih kuat.

Fondasi yang keua tentan tekni bermain yang benar adalah posisi tangan ketika bermain piano. Pastikan ketika memencet nuts jari tidak dalam keadaan melengkung, perhatikan jarak bahu pastikan tidak terlalu lebar, pastikan juga tubuh kalian tidak bungkuk sebab cara bermain piano yang baik adalah tegak lurus. Ketika kalian memainkan nuts biarkan jari kalian jatuh senyaman mungkin. Dengan begitu kalian akan menemukan lebih banyak kebebasan dalam bermain.

Belajar piano fingering dan mengembangkan teknik piano yang baik adalah dasar untuk bermain piano, tapi semua itu dimulai dengan bagaimana kalian duduk di depan piano. Ini merupakan fondasi yang terakhir. Beli piano dan cobalah belajar duduk tegap dengan kaki tegas diatas lantai, kalian akan merasakan keseimbangan saat duduk dalam posisi ini. Jika kalian menempatkan tangan pada kunci, siku harus sedikit didorong kedepan.

Cobalah untuk tidak bersandar ke belakang agar posisi tegak kalian terjaga. Rileks lah dengan lengan dan bahu berada diaas nuts. Idealnya, bangku piano sedikit miring ke bawah untuk memudahkan jari berpindah tempat. Cara pemain piano duduk di piano berpengaruh pada pengembangan teknik piano mereka. Jadi buatlah permainan kalian senyaman munkin agar teknik yang dipelajari bisa diserap dengan maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s