Cara Terbaik Belajar Drum

Drum memang bukan instrumen favorit seperti gitar yang setiap harinya ada jutaan anak muda menginginkan menjadi gitaris. Drum memang kalah pamor dibandingkan gitar karena posisinya yang tak terlihat alias selalu berada dibagian paling belakang sebuah band, kehadiran drummer bahkan kerap tak terlihat padahal ketiadaannya membawa dampak besar pada kesimbangan musik yang dibawakan sebab drum berperan sebagai pengatur tempo. Menilik posisi drummer yang sangat vital maka tak ada lagi alasan bagi kalian yang bercita-cita menjadi drummer merasa malu atau rendah diri setiap kali melihat gitaris.

Kalian sama halnya dengan gitaris punya kesempatan meraup sukses dan populer asalkan tahu bagaimana cara memulainya. Langkah awal tentunya dengan beli drum, bagaimana langkah selanjutnya? Ikuti tips dibawah ini:

a. Belajar membebaskan kaki dan tangan

Bisi dibilang inilah faktor penting pertama yang bisa membimbing kalian menjadi drummer sungguhan. Ketika orang mulai belajar drum, salah satu anggota badan “ingin” mengikuti gerak anggota tubuh yang lain. Untuk dapat membebaskan seluruh tubuhmu untuk bermain drum dibutuhkan waktu setidaknya dua tahun. Mulailah dengan bermain ketukan sederhana sampai Anda dapat memainkannya secara konsisten, setelah itu tambah kompleksitas latihan dan ulangi.

b. Belajar timing

Setelah kalian mempelajari bagaimana memainkan berbagai ketukan, maka hal selanjutnya yang harus dipelajari adalah kapan waktu yang tepat untuk memainkan berbagai teknik sesuai dengan genre pilihan kalian, juga menentukan tingkat energi yang dibutuhkan, kapan harus berhenti, kapan harus mulai memukul lagi serta mengembangkan kemampuan pendengaran. Intinya pada tahap ini kembangkan terus kemampuan ketukan

c. Belajar Menahan diri

Wajar bagi seorang pemula merasakan hasrat yang menggebu dan ingin buru-buru untuk bisa bermain dengan cepat, melakuan banyak hal didepan dalam kurun waktu tertentu yang seharusnya dilalui dalam jangka waktu lebih lama. Sebaiknya hindari sikap terburu-buru berlajarlah untuk menahan diri. Dengan begitu lambat laun kalian akan belahar bagaimana memainkan ketukan sederhana namun melahirkan suara yang sangat baik

d. Belajar eksplorasi

Setelah mampu menahan diri untuk tidak melakukan segalanya dalam waktu singkat, kalian akan mulai paham bagaimana caranya mengontrol musik, melakukan pencampuran volume, memadu energi dengan waktu dan alur lagu. Intinya kalian mulai memahami bagaiaman caranya mengeksplorasi drum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s