Pentingkah Kemampuan Membaca Not Balok?

Bagi Anda yang bermaksud belajar musik, salah satu hal pertama yang Anda pikirkan mungkin; kemampuan membaca not balok. Jika Anda tidak mendapatkan pendidikan musik dari kecil, tentu rasanya akan sulit dan menakutkan melihat deretan not balok. Akan timbul keraguan, “Bisakah aku membacanya dan mengaplikasikannya pada alat musik?” Memang ada beberapa orang yang bisa memainkan alat musik tertentu, tetapi tidak bisa membaca not balok sama sekali. Jadi, pentingkah kemampuan membaca not balok dalam pembelajaran musik Anda? Apakah ini termasuk pelajaran dasar wajib di setiap sekolah musik? Jawabannya adalah, tidak selalu. Mengapa?

Tergantung Tujuan

Beberapa orang yang tidak bisa membaca not balok, tetapi bisa memainkan alat musik, biasanya belajar memainkan alat musik tersebut untuk mempelajari lagu-lagu tertentu tanpa belajar dasar dari pelajaran musik. Jika Anda hanya ingin memainkan lagu-lagu favorit Anda di sebuah instrumen, Anda bisa langsung mempelajari cara memainkan lagu tersebut di sekolah musik dan tidak butuh partitur untuk bisa menghafalkan tiap nada dan tiap langkah yang harus diambil untuk menghasilkan nada tersebut. Jadi, tidak mustahil untuk bisa memainkan sebuah lagu hanya berdasarkan hafalan semata tanpa melihat partitur sama sekali. Malah, rasanya tentu lebih mudah. Yang harus Anda pelajari hanya not-not dan gerakan untuk mengasilkan not tersebut. Mudah, bukan?

Tetapi….

Sesuatu yang didapat dengan mudah tidak bisa disamakan dengan sesuatu yang didapat melalui proses. Maka dari itu, jangan bandingkan hasil yang Anda dapatkan dengan mereka yang memang mempelajari musik dari awal, termasuk membaca not balok, di sekolah musik. Mereka yang mempelajari musik dari awal bisa memainkan alat musik dengan lebih bebas, tidak hanya terikat pada satu-dua lagu saja. Bahkan, mereka bisa menciptakan lagu mereka sendiri, bukan hanya memainkan lagu-lagu ciptaan orang. Jadi, penting atau tidak membaca not balok dalam mempelajari musik tergantung dari pendapat Anda dan tujuan Anda bermusik sendiri. Tidak perlu memaksakan diri untuk sesuatu yang memang bukan tujuan Anda dari awal.

sumber: http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s