Apakah Drum Adalah iIstrumen Musik yang Paling Sulit Dipelajari?

Banyak yang berpendapat drum merupakan alat musik yang paling sulit dipelajari karena permainannya menuntut fisik yang kuat. Dalam permainan drum kedua lengan dan kaki harus bermain sama kuat dalam tempo dan jangka waktu tertentu, dalam beberapa kasus bermain drum bisa membuat kalian berkeringat layaknya sedang berolahraga. Hal inilah yang membedakan drummer dengan pemegang instrumen lainnya seperti pianist atau gitaris.

Pianist sebenarnya tidak jauh berbeda dengan drummer, ketika mereka memainkan 10 notes yang berbeda sekaligus dibutuhkan juga kerja tangan dan kaki sehingga cukup sulit juga memainkannya. Seorang pemain biola yang biasanya hanya memainkan satu atau dua notes pada satu waktu juga mengalami kesulitan yang sama dengan para pianist. Lalu ada instrumen terompet yang membuatuhkan keahlian hebat dalam kontrol napas dan kekuatan wajah dan kelincahan.

Padahal terompet hanyalah sebuah tabung yang dibentuk sedemikian rupa,namun untuk memainkannya kalian membutuhkan kekuatan pernapasan yang sama seperti ketika kalian berenang, pikirkan tentang kekuatan paru-paru yang digunakan oleh para pemain terompet betapa hal itu juga sulit dilakukan. Begitu juga dengan drum, jangan tertipu oleh kesederhanaan jelas instrumen perkusi. Sebuah drum sederhana tetap membutuhkan rasa, waktu, tenaga dan akurasi untuk memainkannya.

Banyak perkusionis mahir mengalami kesulitan mengunci ke waktu tertentu, tidak banyak orang mampu mengatur irama sedemikian rupa. Intinya drum memang sulit dimainkan namun bukanlah instrumen yang paling sulit dipelajari karena setiap instrumen memiliki bagian tersendiri yang sulit didalami. Jika kalian tertarik dengan drum, beli drum dan pelajarilah instrumen ini sebaik mungkin, jangan mudah menyerah hanya karena alat musik ini begitu rumit dimainkan.

Jika kalian berpindah instrumen, percayalah hal yang sama akan kembali terulang kesulitan kembali menghadang. Beranilah untuk belajar hal-hal baru dan menerima kesulitan sebagai tantangan yang akan membuka masa depan kalian menjadi lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s