Tips Sukses Manggung Di Stadion Untuk Drummer

Kadangkala konser musik tidak selalu dilakukan didalam sebuah hall melainkan di lapangan sepakbola, tengok saja beberapa musikus atau band yang telah melaksanakan konser di stadion Gelora Bung Karno (GBK), dari band dalam luar negeri sampai luar negeri pernah bermain musik didalam stadion kebanggaan Indonesia ini. Ada nuansa yang berbeda ketika kita menonton band tampil didalam stadion dengan hall bukan?

Biasanya jika konser dilakukan dilapangan luas seperti stadion suaranya agar berdengung tidak sebagus jika diadakan didalam hall. Hal ini terjadi karena berbagai sebab khususnya cuaca berangin, tapi ternyata ditengah banyaknya kegagalan band ketika menggelar konser didalam stadion banyak juga yang berhasil, salah satunya adalah drummer pink Mark Schulman. Ia selalu terlihat bagus saat tampil dipanggung stadion. Berikut ini adalah hal-hal yang membuat Mark selalu sukses bermain di dalam konser yang diadakan di dalam stadion

a. Dapatkan gear yang tepat
Aksesoris adalah kunci dari semua hal tentang musik yang tepat. Sebelum tampil Mark selalu menyempatkan diri mengecek seluruh drum kitnya untuk membangun kit yang benar-benar hebat. Ia biasa menggunakan hingga lima tom-tom dan 13 simbal. Set-up pun menjadi hal yang wajib dilakukan seorang diri, dalam beberapa penampilan Mark menggunakan dua jenis bass drum independen yakni 24 “x16” dan “x20” 20. Keduanya dipasang namun tidak serempak digunakan, hanya digunakan sesuai kebutuhan saja. Baginya menciptakan musik menarik dilakukan dengan penempatan dan penggunaan kit yang tepat.

b. Tetap positif
Mark berpesan seburuk apapun kalian jangan menghindari dari orang lain, tetaplah berpikir positif dan memiliki tujuan untuk menyenangkan orang lain bukan hanya mendapatkan uang. Banyaklah mengucap rasa syukur atas segala pujian yang menghampiri namun tetap rendah hati ketika ada orang lain yang meminta bimbingan. Untuk menjadi seorang drummer kalian tidak boleh berpikir negatif, karena pikiran negatif hanya akan mengundang banyak kekecawaan yang pada akhirnya membuat kalian berhenti berusaha.

c. Jadilah seperti air
Ketika kalian menuangkan air ke dalam cangkir maka bentuk air akan sama seperti cangkir, begitupun jika kalian menuangkan air ke dalam teko, air itu akan berbentuk teko. Sepanjang karirnya, Mark telah menjadi additional banyak band dalam waktu singkat. Dengan hanya dua hari untuk mempelajari materi dan tidak ada latihan sebelum pertunjukan pertamanya dengan band, Mark harus bisa bermain dengan benar. Mark belajar baik tentang bagaimana harus membeli drum yang tepat dan bermain dengan benar dalam waktu cepat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s