Tanpa Teori Musik, Bakat Tiada Artinya

Haruskah setiap musisi belajar teori musik? Apakah itu benar-benar diperlukan? Ada beberapa musisi yang mengklaim bahwa belajar teori musik sangat membantu, sementara yang lain bersikeras bahwa belajar teori musik entah bagaimana akan membuat kalian berpikir terlalu banyak tentang seni. Jadi siapa yang benar di sini? Mari kita berpikir tentang apa yang akan terjadi pada keterampilan musik kalian jika bersedia meluangkan waktu untuk mempelajari teori musik.

Belajar musik akan membantu kalian memahami apa yang dikatakan musisi lain ketika mereka berbicara tentang musik. Teori musik juga bisa membantu kalian berimprovisasi dan meningkatkan keterampilan atau kemampuan bermain solo. Inilah mengapa orang-orang yang berbakat bermusik tidak semuanya sukses, karena mereka kurang paham tentang teori musik. Selain masalah tersebut teori musik juga akan membuat kalian memiliki lebih banyak pilihan kariri. Misalnya menjadi pengajar atau guru musik.

Yang paling penting adalah dengan teori musik kalian bisa tampil dengan ide-ide musik yang kreatif dan lebih konsisten. Mencoba untuk menulis musik yang benar dan ekspresif tanpa mengetahui teori ini mirip dengan mencoba berjalan dengan mata tertutup. Kalian mungkin tetap bisa menggapai tujuan tetapi prosesnya akan jauh lebih lambat, diisi dengan lebih banyak rintangan dan seringnya hasilnya kurang memuaskan.

Mereka yang berpendapat bahwa belajar teori musik menghambat kreativitas mungkin karena mereka tidak pernah belajar teori dengan guru yang baik. Akibatnya, pengetahuan apa pun yang telah dipelajari sebagian besar tidak berguna. Selain itu, ada beberapa yang mengklaim bahwa gitaris seperti Jimmy Hendrix dan Stevie Ray Vaughn tidak belajar teori. Ini mungkin benar, tetapi tidak sepenuhnya benar karena keduanya setidaknya memiliki pemahaman konsep-konsep dasar seperti skala pentatonik.

Argumen lain yang kadang-kadang muncul terhadap teori belajar adalah bahwa teori musik entah bagaimana memaksa kalian untuk hanya memikirkan dan menulis musik dengan cara yang terstruktur sesuai dengan aturan yang ketat dalam teori musik. Ingat, teori musik tidak benar-benar merupakan seperangkat aturan. Sebenarnya aturan itu merupakan satu set pengamatan tentang bagaimana musik harus ditulis dan apa yang membuat musik terdengar baik. Beli drum, piano atau keyboard dan pelajari teori musiknya agar kalian tak hanya sekedar menjadi pemain instrumen namun seorang musisi sejati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s