Pentingnya sikap realistis selama proses rekaman

Proses rekaman diakui banyak musisi menjadi waktu tersulit buat mereka. Karena saat rekaman kesiapan mental kalian benar-benar diuji. Sebelum memutuskan pergi studio rekaman atau menemui seorang produser, tanyakan dulu kepada diri sendiri apakah sudah siap atau belum. Semua perjuangan yang akan ditempuh membutuhkan biaya mahal dan memakan waktu panjang. Jadilah realistis tentang apakah kalian sudah berlatih cukup dan seberapa cepat atau lambat proses kreatif kalian.

Selain itu setiap musisi yang ingin melakukan rekaman juga harus realistis tentang apakah anggaran akan memungkinkan untuk mencapai tujuan atau tidak, pastikan memiliki cukup waktu untuk mencurahkan diri bagi setiap lagu. Jika kalian berkata tidak sebelum berusaha lebih jauh sudah dipastikan kalian akan menemui kegagalan. Ketika berjalan ke studio rekaman, tetapkan harapan kepada studio, produser, dan instruktur.

Kalian harus siap dengan apapun yang terjadi pun harus sadar dengan resiko penipuan yang biasanya dilakukan oleh produser gaungan. Sebelum menandatangani setiap penawaran, adakan diskusi panjang dan jujur ??dari apa yang kalian harapkan untuk profesionalisme, masukan artistik dan teknis, ketepatan waktu, dan pembayaran. Bisnis musik memang dekat dengan hal-hal duniawi seperti pesta dan mabuk-mabukan tapi itu bukan alasan kalian menjadi tidak kompeten.

Jadilah pribadi yang bertanggung jawab dengan pekerjaan, pastikan partner yang diajak bekerjasama juga merupakan sosok yang
bertanggung jawab terhadap profesinya. Melakukan banyak komunikasi pada awal proses rekaman akan membantu musisi menghindari pertempuran dan kepahitan yang bisa terjadi di masa mendatang. Komunikasi yang baik juga dapat membangun hubungan langgeng dan menjaga profesionalisme, yang pada akhirnya menguntungkan semua pihak.

Beli keyboard atau gitar dan berlatihlah dengan tekun untuk menjaga kualitas diri, sebelum akhirnya menjajakan kualitas kalian didepan sosok-sosok penting dalam insdustri musik. Ingat! realistislah, jangan mengambil hal yang sekiranya akan membebani kalian karena bisa berdampak buruk di masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s