Bagaiman trik menciptakan lagu yang menarik dengan keyboard

Keyboard dikenal sebagai salah satu instrumen yang paling bagus untuk dijadikan teman membuat lagu, tentu karena instrumen yang satu ini memiliki perbendaharaan suara lebih banyak dibanding instrumen musik lain. Sebab inipulalah yang menjadi alasan para musisi profesional lebih memilih beli keyboard dibanding instrumen musik lainnya. Tapi hanya memiliki instrumennya tidak akan membuat kalian menjadi seorang pencipta lagu yang handal.

Setidaknya dibutuhkan pengetahuan teori yang baik mengenai musik dan juga kemampuan mendengar yang juga baik. Nah, untuk awal belajar menciptakan lagu dengan bermain keyboard mulailah dengan menentuka akord apa yang akan digunakan. Banyak musisi mengaku ketika baru pertama kali mulai mencoba untuk menulis sesuatu, mereka lantas hanya memainkan setiap akord pada setiap detak. Dari permainan sederhana ini mereka kemudian bisa mendapatkan inspirasi mengenai suara apa yang mesti keluar berikutnya.

Pada tahap ini kalian mulai berpikir tentang bagaimana bervariasi dalam irama. Biasanya pikiran akan berkutata seputar jenis suara yang ingin digunakan yang setelah terdengar selalu memberi ide-ide baru. Kadang-kadang saya cobalah juga untuk merekam hasil ciptaanmu dan dengarkan kembali untuk mendengar apakah ada nada yang salah atau tidak enak. Yang paling penting adalah kalian paham tentang karakteristik instrumen lain.

Disinilah pentingnya bagi kalian mempelajari insrumen lain seperti gitar dan drum agar nantinya bisa membayangkan bunyi apa yang harus keluar ketika kalian mulai menyusun akord. Keyboard memang sudah memiliki fasilitas tersendiri yang bisa memberikanmu gambaran tentang berbagai jenis suara instrumen namun hanya mendengarnya saja tidak akan membuatmu memahami bagaimana cara kerja sebuah instrumen. So, jangan merasa keyboard sebagai dewanya instrumen musik moderen.

Bukan pikiranmu untuk mencoba sedikit-sedikit berbagai instrumen yang ada, jika tidak bisa minta kawan atau kerabatmu untuk menjadi guru. Jangan menganggap remeh sebuah instrumen karena mudah bagi kalian dalam menguasai permainannya, karena kesuksesan hanya menyambangi mereka yang rendah hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s