Mengenal Reggae Jazz

Reggae jazz sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan reggae tradisional. Perbedaannya hanya pada akord yang digunakan misalnya untuk akord Bm di jazz reggae bisa diganti dengan Bm7/Bm9. Sebenarnya musisi reggae sudah sering menggunakan akord jazz, sehingga penggunaan akord jazz dalam reggae bukanlah sebuah hal baru. Meskipun begitu para musisi reggae bersikeras untuk memisahkan reggae jazz dengan reggae asli. Perbedaan antara jazz reggae dan normal sebenarny tidak begitu jeas, karena hany berputar diantara perubahan ajord dan penggunaan skala yang berbeda.

Berikut adalah beberapa contoh akord reggae regular dan jazz yang mungkin bisa kalian coba. Ingat ini hanya contoh, jangan ragu untuk berkesperiment. Gunakanlah amplifier ketika mengaplikasinnya apapun instrumen pilihanya:

Normal Reggae                            Reggae Jazz

Bm – E9 – Gm – F#m                    Bm7/m9 – E9 – Gmj7 – F#m9

Cmj – Dm – Em                            Cmj7 – Dm9 – Em9

Cmj – Am – Dm – Gmj                   Cmj7 – Am9/m7 – Dm9 – Gmj7/G7

Intrumen musik reggae jazz

Instrumen tradisional musik jazz juga bisa digunakan untuk reggae jazz dan kalian tidak akan kehilangan nuansa jazz reggae meskipun hanya menggunakan instrumen jazz tradisional. Sebua gitar Telecaster atau Stratocaster juga bisa bekerja dengan baik untuk permainan reggae jazzmu. Untuk permainan bass kamu tidak akan salah jika bermain dengan sebuah Fender Jazz, dan keyboard gigital akan memberimu pasar suara atau bank suara yang sangay baik. Sementara untuk drum kalianbisa menggunakan drum normal untuk reggae jazz.

Kalian juga bisa menggunakan instrumen perksi lainnya, karena sebenarnya reggae jazz adalah musik yang sangat ekperimental. Fakta itu pun memberitahu kita untuk lebih terampil memainkan semua instrumen. Beli drum, gitar ataupun keyboard dan cobalah untuk belajar memainkan reggae jazz dengan baik. Jika belum paham menganai reggae standar sebaiknya pelajari dulu reggae tradisional baru beralih ke jazz. Pasalnya permainan reggae jazz sedikit lebih sulit apalagi jika kalian belum memahami permainan reggae tradisional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s