Mitos keliru tentang belajar musik

a. Harus berpengetahuan luas
Untuk menjadi seorang musikus apalagi misalnya pianist dibutuhkan pengetahuan yang luas dibidang musik. Ini adalah salah satu mitos paling konyol yang pernah ada. Seorang master musik awalnya pasti tidak tahu apa-apa baik mengenai musik maupun instrumen pilihannya. Tidak ada musisi spesialis dari genre apapun yang tahu banyak bidang musik ketika memutuskan menggeluti pilihannya.

Yang mereka lakukan adalah fokus, menjadi ahli dalam genre atau instrumen tertentu. Mulai sekarang cobalah untuk tidak mendengarkan nasihat-nasihat seperti, “Kamu harus belajar musik klasik untuk bisa bermain piano dengan baik,”. Satu-satunya hal yang kalian butuhkan untuk pandai bermain piano misalnya hanyalah berlatih dengan konsisten

b. Harus bisa memainkan semua teknik
Kalian tahu gitaris Van Halen? apakah ia pandai memainkan semua jari-jarinya? Jawabannya adalah tidak, namun ia tetap dianggap sebagai salah satu satu gitaris klasik terbesar sepanjang sejarah musik. Sebenarnya dibanding menguasai seluruh teknik bermain akan lebih baik untuk lebih dulu mengimbangi diri dengan keterampilan lain seperti improvisasi dan penciptaan lagu. Namun jangan juga kalian jadikan ini sebagai dalih untuk berhenti mempelajari berbagai teknik permainan. Belajar mutlak harus terus dilakukan, hanya saja imbangi dengan materi teori musik juga.

c. Menguasai semua alat musik
Banyak yang berpendapat menguasai semua alat musik merupakan cara terbaik agar kita bisa cepat mempelajari instrumen pilihan. Hal ini sungguh mitos yuang menyesatkan. Ini adalah filosofi paling close-minded. Mempelajari banyak instrumen musik justru membuat waktu belajar kalian lebih lama. Coba pilih salah satu instrumen saja dulu, misalkan jika kalian suka piano, beli piano dan fokus untuk memainkan piano. Setelah mahir barulah mencoba gitar atau drum, cara seperti ini jauh lebih efektif.

http://id.yamaha.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s