Sekilas Tentang Fungsi Alat Musik

Alat musik merupakan salah satu hal yang penting agar kita bisa menikmati keindahan irama. Musik menjadi bagian dari hidup hampir semua orang di dunia. Tanpa adanya musik, banyak orang merasa hidupnya kurang bersemangat dan tidak menarik untuk itu beli speaker untuk mendengarkan lagu kesayangan anda. Setiap orang akan mempunyai jenis musik favoritnya dan mereka akan merasa nyaman ketika mendengarkan musik yang mereka sukai. Sebenarnya instrument musik sendiri bisa dibedakan menurut fungsinya. Ada tiga jenis instrument musik berdasarkan fungsinya. Apa sajakah itu? Anda bisa mendapatkan penjelasan tentang hal tersebut di bawah ini.
Alat Musik untuk Fungsi Melodis
Alat musik bisa digunakan atau berfungsi sebagai instrument musik melodis. Artinya instrument musik semacam ini akan digunakan untuk menciptakan melodi pada sebuah lagu. Instrumen musik semacam ini biasanya juga tidak bisa dimainkan sendiri atau tidak berdiri sendiri. Oleh sebab itu instrument musik ini akan membutuhkan bantuan dari instrument musik lainnya. Contoh dari instrument ini sendiri adalah flute, trupet, biola dan juga recorder. Fungsi instrument musik yang kedua adalah harmonis. Instrumen musik digunakan untuk memainkan harmoni dalam sebuah lagu. Oleh sebab itu ciri dari instrument musik ini adalah dapat digunakan untuk memainkan tiga nada secara atau dalam waktu yang bersamaan. Contoh dari instrument musik yang dimaksudkan adalah kentrung, siter dan juga piano serta harpa.
Fungsi Alat Musik Ritmis
Selain mempunyai fungsi harmonis dan juga melodis, masih ada satu fungsi lagi yang harus kita ketahui yaitu fungsi ritmis. Fungsi ini adalah untuk mengiring sebuah lagu dan sekaligus sebagai pengatur tempo pada sebuah lagu. Instrumen musik ini bisa dimainkan sendiri namun akan menjadi lebih indah jika dikombinasikan dengan yang lain. Instrumen musik ini sendiri akan menghasilkan nada yang tetap atau bahkan beberapa lainnya tidak mempunyai nada yang tepat. Apa saja contoh dari instrument musik semacam ini? Contoh instrument musik ini adalah drum, cymbal, gendang, triangele dan juga tambourine. Setelah kita mengetahui fungsi dari instrument musik, kita tentu akan lebih bisa membedakan jenis instrument musik dan manakah yang hendak kita pelajari. Saat ini telah banyak tempat untuk belajar memainkan beragam jenis alat musik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s